Ratusan Ibu di Bogor Ikuti Wisuda, Sukses Cegah Stunting

JABAR EKSPRES – Sebanyak 210 ibu yang tersebar di 17 kecamatan se-Kabupaten Bogor mengikuti wisuda Akademi Keluarga Hebat Indonesia (AKHI) tahun 2023, di Gedung Serbaguna 1 Setda, Kabupaten Bogor, Kamis, 7 Desember 2023.

Wisuda tersebut diberikan atas apresiasi Pemkab Bogor kepada para ibu yang telah sukses melaksanakan pencegahan stunting melalui 1.000 hari pertama.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Bogor, Zaenal Ashari mengatakan, ini merupakan penghargaan atas pencapaian yang diraih terutama optimalisasi dalam mencegah stunting di Kabupaten Bogor.

BACA JUGA: Korban Pemancungan di Pasar Ciampea, Ternyata Penghafal Al-Quran

Kata dia, melalui Wisuda Akademi Keluarga Hebat Indonesia (AKHI) tahun 2023, bisa memiliki komitmen dan keterampilan pengasuhan baik dalam memenuhi kebutuhan gizi kesehatan anak. Memberikan kasih sayang dan stimulasi pertumbuhan serta perkembangan anak serta dapat mencegah stunting. Sehingga, anak dapat mencapai pertumbuhan yang optimal.

“Saya juga mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada DP3AP2KB dan Fakultas Ekologi IPB yang telah konsisten mendampingi program Akademi Keluarga Hebat Indonesia dari tahun 2018 sampai tahun 2023. Tentunya dalam menumbuhkan keluarga yang sehat, kuat, dan sejahtera di Kabupaten Bogor,” ucapnya.

Lebih lanjut, Zaenal Ashari menyampaikan, keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat perlu dibina dan dikembangkan kualitasnya melalui program pemberdayaan dan pembangunan ketahanan keluarga yang berkesinambungan.

“Tentunya agar keluarga sejahtera dan menjadi sumber daya manusia yang produktif. Stunting adalah isu yang sangat krusial karena dapat menghambat pembangunan,” ucapnya.

BACA JUGA: Jalankan Instruksi Presiden, Kepala BNPB Tinjau Pergerakan Tanah di Cireunghas

Sementara itu, Kepala Dinas P2AP3KB, Sussy Rahayu Agustini mengungkapkan, bahwa Wisuda Akademi Keluarga Hebat Indonesia (AKHI) telah dilaksanakan sejak tahun 2018 dan wisuda tahun 2023 kali ini merupakan wisuda angkatan IV.

Sebagai upaya dalam mencegah Stunting pada anak untuk melahirkan generasi yang sehat dan berkualitas. Menurutnya, Akademi Keluarga Hebat Indonesia (AKHI), melalui 1.000 hari kehidupan, bertujuan untuk membangun pribadi tangguh dalam keluarga. Sebagai bentuk investasi anak untuk meningkatkan kualitas anak, melahirkan anak dengan kondisi sehat.

“Mempengaruhi pola dan gaya asuh keseharian untuk bayi dan balita, serta rangsangan belajar untuk anak dan kelekatan orang tua pengasuhan anak dan pembagian peran ayah dan ibu cerdas mengelola keuangan keluarga,” pungkasnya. (SFR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan