Evaluasi Kota Sehat 2023, Tim Pembina KKS Jabar Targetkan Swasti Saba

JABAR EKSPRES – Tim Pembina Kabupaten Kota Sehat (KKS) se-Jawa Barat (Jabar) berkumpul di Cirebon. Dalam rangka pembahasan evaluasi Kota Sehat 2023.

Acara tersebut berlangsung di Aston Cirebon Hotel & Convention Center, Kabupaten Cirebon, Rabu, 6 Desember 2023. Seluruh tim pembina KKS Jabar, forum sehat dari 27 kota dan kabupaten se-Jawa Barat, dan Forum Jabar Sehat menghadiri evaluasi tersebut. Penyelenggaraannya dilaksanakan secara hybrid, melalui zoom meeting perangkat daerah teknis pengampu 9 tatanan KKS.

Beberapa instansi pemerintah yang masuk dalam tatanan penyelenggaraan kota sehat juga ikut hadir. Selain evaluasi, acara itu juga berkenaan dengan terbentuknya Forum Jawa Barat Sehat yang dapat bersinergi dengan tim pembina KKS.

Pertemuan tersebut, menurut Biro Kesra Provinsi Jawa Barat, Muftiah Yulismi, merupakan evaluasi kepada seluruh tim pembina. Agar seluruh wilayah di Jawa Barat bisa mendapatkan penghargaan Swasti Saba, atau kabupaten kota sehat.

Dengan bertambahnya tatanan yang menjadi syarat untuk mencapai predikat KKS, perlu adanya kerjasama dengan semua pihak yang terkait.

BACA JUGA: Disinggung Ombudsman, Bapenda Jabar Bakal Ngotot Terapkan Larangan Penungak Pajak Beli BBM

“Syaratnya menjadi ambah berat dengan melibatkan banyak kementerian,” ujar Muftiah Yulismi, Rabu, 6 Desember 2023 kemarin.

Dalam mencapai predikat KKS, perlu memenuhi program 9 tatanan yang menjadi utama dalam penyelenggaraan KKS. Untuk wilayah Jawa Barat sendiri, terdapat 14 kota dan kabupaten yang sudah memperoleh penghargaan Swasti Saba.

13 kota dan kabupaten lainnya gagal mendapatkan penghargaan tersebut. Hal itu dikarenakan gagal dalam proses verifikasinya.

“Makanya kita berkumpul sekarang. Supaya seluruh wilayah Jabar bisa meraih kota sehat di tahun 2024,” tambahnya.

Program 9 tatanan yang menjadi syarat penilaian, di  antaranya kehidupan masyarakat yang Sehat Mandiri; Permukiman dan Fasilitas Umum; Satuan Pendidikan; Pasar Rakyat; Tatanan Pariwisata Sehat; Transportasi dan Tertib Lalu Lintas Jalan; Perkantoran dan Perindustrian; Perlindungan Sosial; Pencegahan dan Penanggulangan Bencana.

Dengan adanya tambahan program tatanan yang wajib untuk dipenuhi, Muftiah mengatakan, perlu ada kolaborasi dengan sejumlah instansi terkait agar seluruh wilayah Jawa Barat dapat mencapai KKS.

Sementara itu, Plt Ketua Umum Forum Jawa Barat Sehat, dr Siska Gerfianti, mengatakan bahwa Kota Kabupaten Sehat adalah kondisi wilayah yang aman dan nyaman untuk menjadi tempat hidup.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan