Siapa Abel Tasman? Namanya Tertulis di Tugu Gunung Marapi, Ternyata Ini Kisahnya

JABAR EKSPRES – Setelah Gunung Marapi erupsi, nama Abel Tasman ikut menjadi sorotan saat ini lantaran tertera dalam sebuah tugu yang ada di puncak gunung tersebut.

Seperti yang sudah diketahui, Gunung Marapi yang ada di Sumatera Barat ini erupsi pada Minggu (3/12/2023) dan menewaskan banyak pendaki.

Dilansir dari laman Provinsi Sumatera Barat, Gunung Marapi adalah gunung api aktif yang terletak di antara Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam dan Kotamadya Padang Panjang.

Akan tetapi secara administrasi, Gunung Marapi berada dalam kawasan Kabupaten Agam.

Gunung Marapi ini memiliki ketinggian 2891 meter diatas permukaan laut. Jalur pendakian yang biasa digunakan untuk melakukan pendakian adalah dari jalur Koto Baru.

Saat mendaki Gunung Marapi, akan melihat sebuh tugu bernama Tugu Abel. Tugu ini disebutkan sebagai sebuah monumen untuk memperingati kepergian seseorang yang bernama Abel.

BACA JUGA: Viral! Video Wanita Minta Tolong di Gunung Marapi, Ini Kata BPBD Bukittinggi

Berikut kisah Tugu Abel yang ada di Gunung Marapi, Sumatera Barat.

Kisah Dibalik Dibangunnya Tugu Abel di Gunung Marapi

Kejadian tragis ini mengulang kembali peristiwa yang terjadi sekitar 31 tahun lalu, di mana seorang pendaki bernama Abel Tasman meninggal di puncak Gunung Marapi.

Menurut beberapa sumber, tugu Abel Tasman dikenal oleh para pendaki, menjadi penunjuk arah untuk jalur naik dan turun menuju puncak Merpati (sebutan untuk puncak Gunung Marapi).

Pembuatan tugu ini dilakukan untuk mengenang Abel Tasman, seorang pendaki asal Padang yang meninggal pada erupsi Gunung Marapi pada Minggu, 5 Juli 1992.

Abel Tasman, seorang alumni SMA 6 Padang dan anggota komunitas JIPALA, tewas ketika melakukan pendakian ke puncak Gunung Marapi bersama teman-temannya.

Saat gunung tiba-tiba meletus, Abel dan temannya Sulastri berada di puncak, sementara yang lain masih mendaki di belakang mereka. Meskipun berusaha melindungi diri dari hujan batu panas, Abel tertimpa batu besar dan tewas di tempat.

BACA JUGA: Update! Pendaki Terdampak Erupsi Gunung Marapi, 6 Orang Belum Turun

Jasad Abel Tasman dievakuasi oleh Tim SAR dan relawan pada hari Senin, 6 Juli 1992. Dua tahun setelah tragedi tersebut, para pendaki membuat tugu Abel Tasman untuk mengenangnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan