Upaya Disdik KBB Tekan Angka Putus Sekolah

JABAR EKSPRES – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bandung Barat (KBB) terus berupaya mengitervensi angka anak tidak sekolah (ATS) di wilayahnya.

Tercatat, dalam dua tahun terakhir yakni 2021 dan 2022, anak tidak sekolah di KBB mengalami penurunan. Untuk siswa SD yang putus sekolah 202 orang, sementara SMP 40 orang se-KBB.

Diketahui, anak tidak melanjutkan ke jenjang sekolah menengah pertama (SMP) masih mendominasi. Disdik KBB berupaya menekan angka dan meningkatkan angka rata-rata lama sekolah (RLS) dari 7 tahun menjadi 9 tahun.

Kepala Disdik KBB, Asep Dendih mengatakan, tahun ini berupaya meningkatkan angka rata-rata lama sekolah (RLS) minimal menjadi 9 tahun. Angka tersebut masih tergolong realisasi terdekat. Ia optimistis, tahun ini bisa menuntaskan permasalahan ATS itu.

“Data tersebut mengacu pada neraca pendidikan yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), serta dilihat dari sisi data pokok pendidikan (Dapodik),” ujar Asep kepada wartawan beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: 464 Peserta Ikuti Seleksi PPPK, Sekda KBB Tegaskan Tak Ada Celah Kecurangan

Menurutnya, anak tidak sekolah untuk jenjang Sekolah Dasar jika dipersentasekan sebesar 0,001 persen. Hal itu dilihat dari jumlah siswa SD sebanyak 158.339 siswa yang tersebar di 16 kecamatan.

Sementara jumlah siswa SMP di KBB, dia menyebutkan, jumlahnya mencapai 61.221 siswa. Untuk angka anak tidak sekolah jenjang SMP mencapai 40 orang.

“Jadi angka putus sekolah untuk tingkat SD dan SMP relatif kecil,” katanya.

Ia menjelaskan, faktor penyebab utama anak tidak sekolah beragam, mulai dari dikeluarkan pihak sekolah karena melakukan pelanggaran, serta dari sisi ekonomi yang kurang memadai.

Kendati demikian, dinas pendidikan Kabupaten Bandung Barat terus berupaya mengajak pihak keluarga bersangkutan agar anak mau kembali ke bangku sekolah. Baik kembali ke sekolah formal maupun non-formal atau kesetaraan.

Pemerintah ingin memastikan tidak ada siswa-siswi putus sekolah karena biaya. Sejauh ini, program yang dimiliki Disdik KBB juga dinilai efektif, bahkan setiap tahun ajaran baru terdapat dua sampai tiga anak yang sempat putus sekolah dapat kembali bersekolah.

BACA JUGA: Disdik KBB Maksimalkan Penanganan Korban Keracunan Yogurt

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan