Paguyuban Pasar Rakyat Cimahi Akan Berperan Sebagai Pemborong Bagi Para Petani

JABAR EKSPRES – Penyerahan sebanyak 5.000 bibit cabai ke para petani di Kelurahan Citereup, Cimahi Selatan, Kota Cimahi pada, Selasa, 5 Desember 2023, bertujuan untuk menjadikan para petani di Cimahi dapat memproduksi hasil panen sendiri.

Inflasi yang masih cukup tinggi terutama pada komoditi cabai, membuat harga di pasar cenderung melonjak terutama saat menjelang akhir tahun 2023.

Kepala UPT Pasar Atas Cimahi, Andri Gunawan menjelaskan, biasanya saat pasca panen tiba, para petani akan kesulitan untuk memasok produksinya ke pasar, hal ini dikarenakan membludaknya panen.

“Kalau beres pasca panen biasanya para petani kesulitan untuk menjual. Makanya kami menghadirkan ketua paguyuban pasar Cimahi, dan rencana sekarang akan ada kerja sama dengan para petani,” ucapnya pada Jabar Ekspres saat ditemui dalam acara penyerahan bibit cabai, Selasa, 5 Desember 2023.

Andri menerangkan, kesulitan itu karena barang produksi panen yang banyak. Ia menghadirkan Ketua Paguyuban Pasar Rakyat Cimahi untuk memberikan solusi pada para petani.

BACA JUGA: Terus Tekan Angka Inflasi, Pemkot Cimahi dan Bank Indonesia Serahkan 5.000 Bibit Cabai

“Kesulitan menjualnya seperti sulit menjual ketika barang sama-sama banyak, kalau sekarang lagi kosong jadi gampang menjualnya. Tapi petani itu biasanya kesulitan ketika semua panen, sekarang solusinya kita menghadirikan ketua paguyuban pasar rakyat se-kota Cimahi,” pungkasnya.

Menurut Ketua Paguyuban Pasar Cimahi, Jefri menjelaskan pihaknya akan bertindak sebagai pemborong bagi para petani. Dengan tujuan dapat memasok produksi cabai ke pasar-pasar di Kota Cimahi.

“Kita bertindak sebagai offtaker nya atau pemborongnya. Jadi begitu sudah siap panen petani tidak bingung mau dikemanakan barangnya,” terang Jefri.

Pihaknya pun akan berkoordinasi dengan beberapa pasar rakyat di Cimahi, agar hasil panen petani dapat masuk ke pasar dan terbagi rata.

“Nanti kita koordinasi dengan pasar rakyat di Kota Cimahi, yang di kelola oleh pemerintah ada 4 pasar dan swastanya 3, kita akan koordinasi terkait hasil panen dan berapa banyak yang dihasilkan, sehingga bisa dibagi rata komposisi nya untuk semua pasar yang ada di pasar rakyat di Kota Cimahi,” ungkapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan