Daftar Mudik Gratis Nataru Tidak Tersedia Arus Balik, Cek 11 Kota Tujuannya

JABAR EKSPRES – Penting dicatat bahwa mudik gratis Nataru 2023-2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tidak tersedia untuk arus balik.

Artinya, pendaftaran mudik gratis Nataru yang tengah dibuka saat ini adalah untuk arus mudik saja.

“Hanya untuk Mudik Gratis ya MitraDarat tidak ada baliknya,” kata Ditjen Perhubungan Darat saat dihubungi JabarEkspres.com di Instagramnya, Senin (5/12/2023).

Program mudik gratis diadakan berdasarkan hasil survei dari Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan (Baketrans), yang memprediksi bahwa jumlah masyarakat yang berencana bepergian mencapai 107,63 juta atau sekitar 39,83% dari total populasi nasional.

Melihat jumlah tersebut, mayoritas diperkirakan akan menggunakan kendaraan pribadi, baik itu mobil maupun sepeda motor.

Dalam rapat perencanaan operasi Mudik Gratis Nataru, Direktur Angkutan Jalan, Suharto, menyampaikan bahwa hasil survei menunjukkan bahwa sebanyak 35,57% atau sekitar 39,97 juta pergerakan masyarakat diperkirakan akan menggunakan mobil, sementara sekitar 17,92% atau 20,14 juta orang berencana untuk menggunakan sepeda motor dalam perjalanan mudik mereka.

BACA JUGA: Cara Daftar Online Mudik Gratis Nataru Kemenhub 2023-2024, Cek Kuotanya!

Sehingga program mudik gratis libur Nataru ini diselenggarakan.  Adapun pendaftaran mudik gratis Nataru ini dapat dilakukan secara online melalui aplikasi Mitra Darat mulai tanggal 5 hingga 20 Desember 2023.

Waktu keberangkatan bagi sepeda motor pada 22 Desember 2023 di TTA Pondok Cabe Tangerang Selatan. Sementara untuk keberangkatan penumpang pada 23 Desember 2023 di Terminal Terpadu Pulo Gebang dan Kampung Rambutan DKI Jakarta.

11 Daftar Kota Tujuan Mudik Gratis Nataru

Dikutip dari laman Ditjen Hubdat Kemenhub, terdapat 11 kota tujuan dalam program ini dengan kapasitas 40 orang untuk setiap unit yang telah disiapkan.

Program ini juga memperhatikan kebutuhan masyarakat dengan menyediakan bus khusus untuk disabilitas guna memastikan aksesibilitas yang lebih baik bagi mereka.

Berikut adalah daftarnya:

  1. Jakarta-Solo
  2. Jakarta-Yogyakarta
  3. Jakarta-Surabaya
  4. Jakarta-Wonosobo
  5. Jakarta-Semarang
  6. Jakarta-Wonogiri
  7. Jakarta-Cilacap
  8. Jakarta-Purwokerto
  9. Jakarta-Malang
  10. Jakarta-Kediri
  11. Jakarta-Madiun
  12. Disabilitas bus

BACA JUGA: Jadwal dan Lokasi Mudik Gratis Nataru Kemenhub 2023-2024

Selain itu, untuk sepeda motor akan diberangkatkan menuju 2 kota tujuan, yaitu:

  • Jakarta-Solo
  • Jakarta-Yogyakarta

Sebanyak 63 bus akan berangkat dari Terminal Pulo Gebang, dengan kapasitas penumpang mencapai 2.520 orang, sementara Terminal Kampung Rambutan akan menyediakan 27 bus dengan kapasitas penumpang sebanyak 1.080 orang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan