KONI Cimahi Berharap Musorkot 2023 Jadi Momentum Peningkatan Prestasi Olahraga

Jabar Ekspres – Musyawarah Olahraga Kota (Musorkot) Cimahi tahun 2023 diharapkan dapat menjadi momentum untuk kebangkitan dan peningkatan prestasi olahraga di Kota Cimahi. Hal ini disampaikan oleh Ahmad Nuryana, Ketua Disbudparpora Cimahi, yang berharap KONI Kota Cimahi dapat terus meningkatkan prestasi olahraga sebagai upaya untuk meningkatkan harkat dan martabat bangsa, khususnya Kota Cimahi.

“Jadi kita harus peka, melalui sports science bisa diukur melalui data yang valid dan perlu kerja sama dengan pihak terkait. Meskipun dengan segala keterbatasannya, Kota Cimahi mampu menghasilkan prestasi di cabang olahraga,” ucap Ahmad.

Ahmad berharap, KONI Kota Cimahi dapat terus ditingkatkan kembali, agar dapat lebih banyak menghasilkan prestasi di cabang olahraga yang lebih banyak.

“15 emas, 21 perak, 31 perunggu, ini merupakan prestasi yang luar biasa, kota Cimahi dapat menduduki posisi ke 15. Saya harap KONI Cimahi dapat meningkatkan kembali prestasi kedepannya,” tuturnya.

BACA JUGA: Meningkatkan Prestasi Pembalap Muda Indonesia dengan Seleksi Ketat dan Apresiasi Tinggi

Ahmad menanggapi, apresiasi dari Pemerintah Kota Cimahi terkait dengan keterbatasan anggaran dan sarana prasarana untuk para atlet.

“Yang pertama kita akan terus tingkatkan karena lahannya masih segitu, seperti Sangkuriang sudah mulai pembangunan. Kita juga bermitra dengan TNI terkait lapang, karena warga yang minat terhadap kegiatan olahraga sangat tinggi,” jelasnya.

Terkait dengan atlet Cimahi yang kabur ke daerah luar Cimahi, Ahmad menanggapi hal tersebut sebagai sesuatu yang lumrah terjadi, baik dalam bidang olahraga maupun diluar bidang olahraga.

“Memang itu sebuah mekanisme pasar, tidak berlaku di kita saja bahkan bukan hanya event olahraga di event-event lain juga sudah hal biasa. Pada akhirnya memang kita harus lebih penekanan pada psikologis, dengan membina para atlet walaupun dengan segala keterbatasan harus membela Cimahi,” terang Ahmad.

Pemerintah Kota sendiri menargetkan untuk PON. Hingga saat ini banyak prestasi yang sudah diraih oleh para atlet di Kota Cimahi.

“Kita acuannya adalah Porprov, untuk atlet semuanya termasuk yang disabilitas. Bahkan di Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Pobda) kemarin kita juara ke-7, dan untuk yang disabilitas kita juara ke-2,” tutur Ahmad.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan