Angka Pengangguran 10,5 Persen, Pemkot Cimahi Terus Upayakan Penekanan

JABAR EKSPRES – Angka pengangguran di Cimahi mencapai 10,5 persen, menciptakan tantangan ekonomi. Pemerintah kota gencar memerangi masalah ini melalui berbagai kegiatan lapangan pekerjaan, berkomitmen untuk menurunkan tingkat pengangguran.

Teja Dahliawati, Kabid Pelatihan Penempatan Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kota Cimahi mengatakan, penyediaan fasilitas lapangan pekerjaan bertujuan untuk menekan angka pengangguran yang terbilang masih cukup tinggi di Kota Cimahi.

“Pemerintah Kota berupaya untuk menyediakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat atau calon tenaga kerja. Tujuan utama seperti ini (job fair), memfasilitasi agar pencari kerja dapat sesuai dengan kualifikasinya, dan menurunkan angka pengangguran di Kota Cimahi,” ucapnya pada awak media di Gedung Techno Park, Jumat, 1 Desember 2023.

BACA JUGA: Dua Wilayah Besar Jadi Kawasan Kumuh yang Dibenahi Pemkot Cimahi

Menurut Teja, job fair kali ini, diisi oleh 20 perusahaan dari Cimahi, Bandung, dan Bekasi. Dengan ratusan lowongan diharapkan mampu menurunkan angka pengangguran saat ini.

“Sebanyak 994 lowongan pekerjaan dan sangat berdampak untuk menurunkan angka pengangguran di Cimahi,” ujarnya.

Sekretaris Daerah, Dikdik S. Nugrahawan mengatakan, kegiatan job fair di Kota Cimahi sebagai media penghubung antara pencari pekerjaan dan penyedia lapangan kerja.

“Salah satunya adalah dengan kegiatan seperti ini (job fair), dan berbagai program pelatihan dan sejauh ini dari program-program yang ada yang berkenaan dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia bisa menempati lapangan pekerjaan yang ada,” ucap Dikdik.

Pemerintah Kota masih terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya di Kota Cimahi. Meskipun angka pengangguran di Cimahi sendiri masih mencapai angka 10,5%.

BACA JUGA: Tingkatkan Kesiagaan Masyarakat melalui Simulasi Kerelawanan Sosial

“Saat ini 10,5%, ini angka yang lumayan banyak namun kita berupaya banyak tapi kita mempunyai strategi untuk mengurangi tingkat pengangguran dengan berbagai cara atau dengan mengundang berbagai investor untuk berinves di Kota Cimahi,” jelas Dikdik.

Harapannya, para pencari kerja terutama bagi generasi muda adalah dapat mengurangi pengangguran di Cimahi, serta dapat berinovasi untuk meningkatkan kualitas SDM di Cimahi sendiri.

“Hal yang terpenting adalah kemampuan dan kapabilitas harus ditingkatkan, sehingga apa yang menjadi standar dari penyedia lapangan kerja dapat terpenuhi,” imbuhnya. (Mong)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan