3 Kecamatan di KBB Dilanda Bencana dalam Sehari, Longsor hingga Pohon Tumbang

JABAR EKSPRES – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada Kamis, 30 November 2023 memicu 4 kejadian bencana banjir, longsor, dan pohon tumbang.

Empat kejadian bencana ini tersebar di 3 kecamatan, yakni Padalarang, Prongpong, dan Lembang. Mengakibatkan satu warung rusak serta akses jalan tertutup material longsor.

BACA JUGA: Longsor di Kampung Sijulang Bogor Hantam Satu Keluarga, Begini Kondisinya

“Kemarin yang baru kita asesmen baru 3 kecamatan. Dalam sehari kemarin memang cukup banyak kejadian bencana. Saat ini kami sedang melakukan pendataan dan penanganan,” kata Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Bandung Barat, Amas saat dihubungi, Jumat, 1 Desember 2023.

Di Kecamatan Padalarang, satu warung milik warga rusak parah tertimpa pohon tumbang di Komplek Baloper, Desa Padalarang.

Lokasi bencana lainnya terjadi Jalan Maribaya, Kecamatan Lembang, longsor terjadi setelah wilayah tersebut diterjang hujan dengan intensitas tinggi. Longsor dan meterial lumpur di Jalan Maribaya Lembang mengakibatkan jalan licin dan sulit dilalui kendaraan.

“Masih di wilayah Lembang, tepatnya di Panorama Lembang itu banjir sampai selutu orang dewasa. Lalu di Jalan Cihanjuang, Kecamatan Parongpong pun sama banjir,” paparnya.

BACA JUGA: Selama Pancaroba, BPBD Jabar Catat Sekitar 45 Kejadian Longsor

Amas mengimbau warga tetap waspada mengahadapi cuaca ekstrem yang melada wilayah Bandung Barat. Potensi bencana longsor, angin kencang, dan banjir mungkin saja terjadi, jadi warga harus meningkatkan kewaspadaan terutama masyarakat yang tinggal di perbukitan.

“Kita imbau warga tetap waspada. Cuaca ekstrem bisa memicu berbagai potensi bencana terutama longsor karena wilayah Bandung Barat ini berbukit,” tandasnya. (Wit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan