Baju Putih Mahfud MD dan Nasib Anak Manusia

Sabar berikutnya adalah sabar mencoba. Contoh dari versi ini yang penulis pilihkan adalah kesabaran Thomas Alva Edison. Anda pasti tahu dengan tokoh beken abad 19 yang satu ini, bukan? Yah…Edison dikenal sebagai pemegang 1.093 paten, artinya sekitar jumlah itulah temuannya. Yang paling spektakuler dan masih dikenang masyarakat hingga kini tentu lampu pijar listrik.

Keberhasilannya ditandai dengan pemasangan lampu listrik sepanjang 1 km di New York pada 21 Oktober 1879. Namun tahukah  Anda bahwa sebelum Edison berhasil mengaktifkan lampu pijar ia telah mengalami kegagalan uji coba sebanyak 8.889x! Jika Edison saat itu patah semangat bisa dipastikan hingga kini dunia masih gelap gulita.

Sabar berikutnya adalah kesabaran orang tua dalam melahirkan, membesarkan dan mendidik anak-anaknya hingga tahap terakhir mengantarnya ke gerbang rumah tangga. Untuk jenis sabar ini penulis pikir tidak perlu mengulasnya secara detil.

Masih banyak varian sabar lainnya. Jika Anda punya sabar versi sendiri silahkan tuangkan pada secarik kertas. Insya Allah coretan itu bisa menyemangati Anda. Terpenting adalah meyakini bahwa semua orang punya garis tangan masing-masing yang telah digariskan Tuhan. Masalahnya satu : kita nggak tahu garis tadi itu lurus, menyambung atau terputus. Selamat mencoba bersabar!

 

*) Penulis adalah pemerhati masalah sosial dan kemasyarakatan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan