Mendagri Apresiasi Sumedang Dalam Monitoring Ibu Hamil Berbasis Digital

Jabarekspres.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Jend. Pol. (Purn) Prof. H. M. Tito Karnavian, MA, PhD, memberikan apresiasi kepada Pemda Kabupaten Sumedang atas inovasi sistem monitoring ibu hamil berbasis digital yang diberi julukan SINURMI (Sistem Informasi Monitoring Kesehatan Remaja Putri dan Ibu Hamil).

Dikatakan Mendagri, inovasi SINURMI milik Pemda Kabupaten Sumedang merupakan terobosan dengan memanfaatkan teknologi Internet of Things (IoT) berupa Smart Wacth, sangat membantu pemerintah dan harus dimanfaatkan secara optimal untuk memantau kondisi kesehatan ibu hamil yang merupakan faktor utama dalam pencegahan stunting.

“Saya apresiasi dan hargai semua pihak, baik Pemda Kabupaten Sumedang maupun Indosat, lembaga pendidikan dan seluruh masyarakat Sumedang yang telah mengembangkan inovasi SINURMI. Stunting ini harus ditangani secara gotong royong,” ujar Tito di Kantor Kemendagri, Jakarta. Selasa (28/11).

Baca Juga: Pantau Kesehatan Ibu Hamil, Pemkab Sumedang Luncurkan SINURMI

Mendagri Tito Kanavian menyampaikan, masalah stunting menjadi perhatian khusus pemerintah. Mencegah stunting, kata Mendagri, harus dilakukan sejak seribu hari pertama kehidupan anak. Itu artinya ibu hamil harus dimonitor kesehatannya dan diperhatikan kecukupan gizinya sejak awal kehamilan, karena akan menentukan tumbuh kembang anak selanjutnya.

“Masa seribu hari pertama kehidupan merupakan masa yang penting untuk pertumbuhan anak. Salah satunya harus tahu siapa saja ibu hamil dan anak-anak di bawah umur dua tahun yang diperkirakan kurang gizi,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Pemda Kabupaten Sumedang mendapat bantuan 1.000 unit Smart Watch dari PT. Indosat Ooredoo yang diserahkan secara simbolis oleh Director and Chief Regulatory Officer PT. Indosat Ooredoo, Danny Buldansyah kepada Pj. Bupati Sumedang, Herman Suryatman disaksikan Mendagri Tito Karnavian di Kantor Kemendagri, Jakarta.

Baca Juga: Gubernur Puji Aplikasi Penangkal Inflasi Milik Sumedang

Pj. Bupati Sumedang Herman Suryatman mengatakan, aplikasi SINURMI ini merupakan aplikasi sederhana untuk monitoring kondisi ibu hamil secara digital, sehingga bisa diketahui kondisi kesehatannya setiap waktu dan dimanapun ibu hamil berada secara cepat.

“Kami bisa mendeteksi kondisi kesehatan ibu hamil secara real time. Baik tekanan darah, detak jantung, saturasi, jumlah langkah, maupun lokasi ibu hamil. Hingga apabila ada ibu hamil yang terindikasi terganggu kesehatannya, Kami langsung turunkan petugas kesehatan untuk melakukan intervensi,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan