Sumedang Menuju Layanan Publik Berkualitas

Jabarekspres.com – Untuk mewujudkan pemerintahan berbasis elektronik yang akuntabel dan berkualitas Pemerintah Kabupaten Sumedang melaksanakan visitasi evaluasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) Tahun 2023.

Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Hj Tuti Ruswati menerima Tim Penilai Visitasi Evaluasi SBPE yang dipimpin Tony Dwi Susanto di Command Center Sumedang, Selasa (28/11).

Baca Juga: Pj Sekda Sumedang Jadi Pembicara di Forum Kota Sehat Dunia

Tuti menyebutkan, Sumedang terus berupaya meningkatkan SPBE dan telah digaungkan menjadi kabupaten kelas dunia melalui berbagai inovasi yang telah diwujudkan Pemkab Sumedang.

“Dalam menghadapi tantangan, Pemkab Sumedang berupaya mengubah tata kelola pemerintahan berbasis elektronik dengan dua super app yaitu e-office dan Tahu Sumedang,” ujarnya.

Tuti berharap, dengan adanya evaluasi ini dapat menjadikan SPBE Sumedang lebih baik, cepat dan efisien. “Saya harapkan apa yang sudah dimiliki Sumedang bisa lebih bagus dan sempurna dengan masukan dari Tim Penilai Visitasi Evaluasi SPBE,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Tony menyebutkan, proses penilaian SPBE mencakup empat domain, yakni kebijakan internal, tata kelola, manajemen, dan layanan.

Baca Juga: Angka Pengangguran dan Kemiskinan Sumedang Turun Tajam

“Adapun fokus SPBE yaitu meningkatkan efektivitas aplikasi yang telah beroperasi, mengkonsolidasikan aplikasi menjadi platform digital terpadu di internal dan antar-instansi serta mencapai interoperabilitas data dan aplikasi melalui arsitektur SPBE,” ujarnya.

Dijelaskan Tony, kunjungan ini adalah untuk meningkatkan layanan publik di Kabupaten Sumedang agar lebih baik, cepat dan efisien.

“Kami sangat tertarik melihat SPBE yang dimiliki Sumedang dan kami ingin menggali lebih dalam terkait dengan sistem yang sudah sangat bagus ini sehingga sistemnya bisa lebih sempurna,” ujarnya. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan