Kesulitan Air Bersih, Warga Priagung Banjar Sumringah Dibuatkan Sumur Bor

JABAR EKSPRES – Warga Dusun Priagung, Desa Binangun, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar bernafas lega, lantaran kesulitan air bersih akibat kekeringan dapat teratasi. Polres Banjar berhasil membangun sumur bor di wilayah itu selama 14 hari pengerjaan.

“Sumur bor ini merupakan bagian dari program Polri Peduli lingkungan yang diselenggarakan oleh Alumni Akademi Kepolisian Angkatan 2003 Batalyon Tantya Sudhirajati,” ujar Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo, Minggu 26 November 2023.

Sumur bor yang telah dibangun tersebut kemudian diresmikan langsung dengan prosesi gunting pita oleh Kapolres dan didampingi ketua Bhayangkari Polres Banjar, Nita Bayu Catur. Dalam peresmian itu, turut dihadiri oleh Forkopimda Kota Banjar, Camat Banjar, Pejabat Utama Polres Banjar, para Kapolsek, pengurus Bhayangkari, dan seluruh Bhabinkamtibmas Polsek Pataruman.

Baca juga: Terminal Jalur Kota Sukabumi Banjir hingga 15 Sentimeter, Ini Sebabnya

Nampak hadir juga Kepala Pelaksana BPBD, Perwakilan Dinas Perhubungan, PLN, PDAM, Pjs Kepala Desa Binangun, Perangkat Desa Binangung, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, serta tokoh agama setempat.

“Pekerjaan sumur bor dan pompa air ini berhasil diselesaikan dalam waktu 14 hari dari tanggal 6 sampai 20 November 2023,” kata AKBP Bayu Catur Prabowo.

Ia berharap, sumur bor yang telah dibangun ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, serta mengingatkan agar warga setempat menjaga dan merawatnya.

“Peresmian ini menjadi langkah positif dalam mendukung kesejahteraan masyarakat di wilayah dusun Priagung ini. Kemudian ini juga sebagai wujud kepedulian Polri terhadap masyarakat yang kesulitan mendapatkan air bersih,” katanya.

Sementara itu, Pj Kepala Desa Binangun, Dede Harisman mengaku lega. Lantaran krisis air bersih di wilayahnya kini sedikit teratasi.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Kapolres dan jajaran atas bantuan sumur bor dan pompa air tersebut,” katanya.

Menurutnya, bantuan ini sangat bermanfaat bagi 80 kepala keluarga di Dusun Priagung dan mereka berkomitmen untuk optimal merawat serta memanfaatkannya.

Bantuan ini kata dia, tidak hanya memberikan manfaat praktis dalam penyediaan air bersih, tetapi juga menciptakan kolaborasi positif antara Polri, alumni Akademi Kepolisian, dan masyarakat setempat.

“Semoga sumur bor ini menjadi aset berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas hidup dan lingkungan di Desa Binangun,” ungkapnya. (CEP)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan