Rp400 Juta Terkumpul dari Warga Bandung untuk Palestina

JABAR EKSPRES – Ketua Baznas Kota Bandung Akhmad Roziqin menyampaikan, pihaknya diberi kewenangan untuk menghimpun seluruh donasi terkait dengan dana kemanusiaan Palestina. Berdasarkan surat edaran dari Baznas Republik Indonesia.

Selain surat edaran, di Kementrian Agama (Kemenag) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) sendiri, ada fatwa mengenai gerakan bantuan tersebut.

“Kemudian di tingkat Kota Bandung itu, nanti akan ada edaran dari Pj Wali Kota terkait dengan imbauan untuk berdonasi,” ujar Akhmad saat ditemui, Jumat, 24 November 2023.

BACA JUGA: Pj Wali Kota Bandung Imbau ASN Ikut Serta Donasi untuk Palestina

Akhmad melanjutkan, donasi tersebut merupakan bentuk bantuan dana kemanusiaan bagi warga Palestina yang terdampak konflik. Hal itu bersifat imbauan atau sukarela, bukan bersifat kewajiban.

Namun, dia juga menjelaskan kegiatan tersebut juga diharapkan bisa menjadi alat untuk mengasah empati warga Kota Bandung terhadap hal kemanusiaan bagi warga di Palestina.

“Secara teknis, nanti Baznas Kota Bandung akan menyampaikan seluruh dana yang terkumpul ke Baznas Republik Indonesia di Jakarta. Jadi, bukan oleh Baznas Kota Bandung langsung. Tapi oleh Baznas Republik Indonesia setelah memasuki tanggal akhir, yaitu tanggal 15 Desember,” kata Akhmad.

BACA JUGA: Tersentuh Penderitaan Palestina, Rizky Billar Donasikan 100 Persen Hasil Lelang Mobil BMW

Adapun dana yang sudah terkumpul saat ini sudah menyentuh angka, kurang lebih Rp400 juta dari warga Kota Bandung saja.

“Dari warga Kota Bandung saja sudah mencapai Rp400 juta. Ini kan edaran belum sampai ke ASN, karena nunggu edaran dari Pak Pj Wali Kota,” tuturnya.

Untuk alokasi kebutuhan yang akan diberikan nantinya, Baznas RI akan berkoordinasi dengan pihak yang ada di Palestina untuk menyesuaikan keperluannya. (ped)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan