Pembangunan Jalan Tambang di Parung Panjang Masih Suram

JABAR EKSPRES – Proses pembangunan jalan tambang di wilayah Parung Panjang, Kabupaten Bogor tampaknya masih suram. Bagaimana tidak, hingga kini wacana tersebut masih ditahap pembebasan lahan.

Hal ini berdasarkan keterangan dari Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor, Ajat Rochmat Jatnika, kepada wartawan pada Kamis, 23 November 2023.

BACA JUGA: Truk Tambang Masih Mangkal Saat Pagi di Parung Panjang, Polisi: Truk Mogok

Dia menuturkan, jalan dengan proyeksi panjang sekitar 11,5 kilometer itu nantinya akan tersambung dengan Tol Jakarta Outer Ring Road (Tol JORR) III. Pengerjaan itu dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) bersama pihak swasta pada tahun 2026 nanti.

“Jalur tambang di wilayah Parung Panjang itu kan menuju jalan tol ada jalan (berstatus) kabupaten, jadi kami sinkronisasi,” ucap Ajat Rochmat Jatnika.

BACA JUGA: Pj Gubernur Jabar Tinjau Jalan Tambang Parung Panjang, Minta Warga Viralkan Para Pelanggar

Saat ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor hanya mampu menolong dalam tahap perizinan, dan memberi bantuan untuk pembebasan lahan yang akan dipakai untuk jalan khusus tambang.

“Kita mengawal dan mendorong saja, karena kewenangannya ada di Pemprov Jawa Barat,” ujarnya. (*)

BACA JUGA: 11 Tuntutan Warga Parung Panjang Soal Truk Tambang

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan