Kualifikasi Piala Dunia 2026: Indonesia Raih Satu Poin di Filipina, STY Tetap Percaya Diri!

Jabar EkspresShin Tae-yong (STY), pelatih timnas Indonesia, tetap percaya diri mampu meloloskan Garuda ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, meski telah menelan dua hasil negatif dari dua laga pertama.

Indonesia memulai putaran kedua dengan dua partai tandang melawan Irak dan Filipina. Dari dua laga itu, Indonesia hanya meraih satu poin, hasil imbang 1-1 melawan Filipina. Pada laga pertama, Indonesia kalah telak 1-5 dari Irak.

Meski demikian, Shin tetap optimistis Indonesia masih memiliki peluang untuk lolos ke putaran ketiga. Hal ini karena Indonesia masih memiliki tiga laga kandang, termasuk menghadapi Vietnam, yang saat ini berada di posisi kedua klasemen.

BACA JUGA: Move On! Rafael Struick Fokus Bawa Timnas Indonesia Menang Lawan Filipina

“Ya, kami punya satu poin dari dua laga away. Tapi kami punya tiga laga kandang. Kami sangat kuat ketika bermain di kandang sendiri. Saya tetap menyimpan keyakinan dan berpikiran positif bisa lolos dari grup,” ucap Shin pada jumpa pers setelah hasil imbang melawan Filipina, Selasa (21/11).

Dalam jumpa pers setelah laga melawan Filipina, Shin mengakui bahwa timnya tampil buruk pada babak pertama. Namun, dia menilai Indonesia tampil lebih baik pada babak kedua dan mampu menyamakan kedudukan melalui gol Saddil Ramdani.

Shin juga mengungkapkan bahwa ada beberapa faktor yang membuat timnya kesulitan mengembangkan permainan di laga melawan Filipina. Salah satunya adalah perbedaan waktu dan kelelahan setelah melakoni laga tandang melawan Irak.

“Dalam dua laga away beruntun, kita mengalami banyak kesulitan, kita melalui perjalanan jauh (dari Irak), perbedaan waktu, kelelahan, dan di sini (Stadion Rizal Memorial) juga menggunakan lapangan sintetis yang tidak terlalu familiar bagi kami,” jelas Shin.

BACA JUGA: Kalah Lawan Irak, Timnas Indonesia Akan Lakukan Ini Saat Lawan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Meski demikian, Shin tetap memuji penampilan para pemainnya. Dia menilai para pemain sudah menunjukkan etos kerja yang tinggi dan tidak menyerah hingga akhir laga.

“Tapi tetap kami tidak menyerah, saya mengucapkan selamat dan terima kasih kepada para pemain saya yang menunjukkan performa bagus,” puji Shin pada etos kerja anak-anak asuhnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan