Diklaim Mengalami Peningkatan, Dishub Jabar Siapkan BIJB Kertajati Untuk Angkutan Akhir Tahun

JABAR EKSPRES – Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat (Dishub Jabar) mengklaim, bahwa sejak dialihkannya rute penerbangan menggunakan pesawat tipe jet dari Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, pada tanggal 29 Oktober 2023 lalu, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) kertajati mengalami peningkatan jumlah penumpang.

Adapun peningkatan jumlah penumpang yang diklaim, Kepala Bidang (Kabid) Perkereta-apian dan pengembangan Transportasi, Dishub Kota Bandung, Dani Gumelar mengaku diatas 70 persen dari semua rute penerbangan yang ada di BIJB Kertajati.

BACA JUGA: Dari Bandung ke Bandara Kertajati Pakai Damri, Jangan Lupa Berlibur di Kota Sejuta Wisata

“Jadi sesudah tanggal 29 Oktober (2023) kemarin Alhamdulillah ada trend peningkatan kalau misalkan kita rata-ratakan faktornya itu sekitar diatas 70 persen dari semua penerbangan yang ada,” ujarnya di BIJB Kertajati, Majalengka, Selasa (21/11).

Selain pada penumpang, Dani menyebut angkutan antar moda di BIJB Kertajati juga terlihat mengalami peningkatkan sebesar 60.

“Angkutan antar moda juga Alhamdulilah sekitar 60 persen baik dari Kertajati – Bandung maupun Cirebon sekitarnya,” katanya

Dengan adanya peningkatan tersebut, Dani mengatakan bahwa Dishub Jabar, kini tengah merancang BIJB Kertajati untuk angkutan akhir tahun.

“Ada beberapa kegiatan promosi yan akan kami lakukan (di BIJB) dalam waktu satu bulan kedepan, dan yang pertama mungkin promosi di media, yang kedua insyaallah kalau misalkan jadi kita akan lakukan pembagian tiket antar moda gratis yang akan dilaunching awal Desember oleh pak Gubernur (Bey Machmudin),” imbuhnya

Ditempat yang sama, Executive General Manager BIJB Kertajati Nuril Huda menyebut, sejak dialihkannya seluruh rute penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, hingga saat ini sudah ada 37 ribu penumpang yang berangkat dari BIJB Kertajati.

“Saat ini tiga pekan bisa dikatakan kita sudah 37 ribu penumpang (yang berangkat dari BIJB),0dan memang bulan November ini masuknya low season, orang jarang terbang,” katanya.

BACA JUGA: Akses ke Bandara Kertajati Kini Terintegrasi, Wajib Mampir ke Desa Wisata Bantaragung

Meski begitu, Ia optimis BIJB Kertajati akan terus mengalami jumlah penumpang. Terlebih rute penerbangan ke Denpasar Bali, sampai saat ini tutur dia masih menjadi rute favorit yang diminati oleh masyarakat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan