Peringati HUT ke-86 Antara, Wawalkot Bogor Buka Lomba Presenter Tingkat Nasional

JABAR EKSPRES – Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim resmi membuka Lomba Presenter Tingkat Nasional bagi pelajar, mahasiswa, dan umum berusia 17-27 tahun di Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor pada Senin, 20 November 2023.

Ajang pencarian bakat bagi masyarakat yang tertarik dalam bidang jurnalistik itu menjadi salah satu rangkaian pada peringatan HUT ke-86 Lembaga Kantor Berita Nasional, Antara.

Dedie A. Rachim mengapresiasi Lomba Presenter Tingkat Nasional hasil semangat kolaborasi Pentahelix dari lima unsur kekuatan, yakni pemerintah termasuk pemerintah daerah, media melalui Kantor Berita Antara, UIKA sebagai center of excelent dari dunia akademisi, termasuk dunia bisnis melalui berbagai pihak swasta yang juga terlibat dalam penyelenggaraan lomba tersebut.

“Dan tentunya masyarakat melalui keikutsertaan para pelajar dan mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk menjadi peserta,” katanya dalam sambutan.

Dedie menilai, ditengah disrupsi teknologi informasi yang mengarah pada digitalisasi, dunia media massa, termasuk profesi presenter atau penyaji berita mengalami gegar budaya. Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) disebut-sebut sebagai ancaman bagi sumber daya manusia dalam dunia media.

“Kini banyak media massa dan media sosial memanfaatkan teknologi AI untuk melakukan inovasi dalam menciptakan presenter secara digital,” paparnya.

BACA JUGA: Parung Panjang Demo! Minta Pemerintah Tegas Soal Truk Tambang

Namun dibalik semua itu, Human Presenter tak dapat tergantikan oleh AI Presenter. Menurutnya, Human Presenter tetap memiliki keunggulan-keunggulan adiluhung dengan kemampuan menjalin kedekatan dengan audiences.

Untuk itu, Dedie berharap lomba tersebut menghasilkan generasi penerus bagi profesi presenter berkembang dengan baik dan maju lagi. Sebab, presenter sebagai komunikator sangat penting perannya dalam penyampaian pesan kepada khalayak dari berbagai latar belakang.

“Saat ini dibutuhkan banyak presenter dalam mengawal perkembangan pembangunan bangsa menuju Indonesia Emas 2045 dengan menyampaikan segala informasi yang positif, membangun, serta menangkal hoax, fakenews, ataupun disinformasi,” terang Dedie.

Dirinya merasa bangga Kota Bogor menjadi tuan rumah penyelenggaraan ajang lomba presenter tingkat nasional tersebut.

“Terima kasih kepada kantor berita Antara Biro Penyangga Jakarta di Bogor yang telah menginisiasi acara ini, bekerja sama dengan UIKA dan berbagai pihak. Terus jalin kerja sama dalam semangat kolaborasi Pentahelix,” ucapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan