Peringati HUT ke-86 Antara, Wawalkot Bogor Buka Lomba Presenter Tingkat Nasional

Diketahui, Lomba Presenter Tingkat Nasional diikuti oleh 196 peserta pelajar dan mahasiswa dari 117 Perguruan Tinggi, SMA/SMK, dan Pondok Pesantren, dari 21 provinsi, termasuk 60 mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka di UIKA.

BACA JUGA: Menelisik Potensi Pemekaran 30 Desa di Sumedang

Mereka berlomba membuat konten berita dan menjadi presenter yang terbaik. Panitia akan memilih 20 finalis yang akan berlaga dalam puncak acara pada Sabtu, 9 Desember 2023 di Lippo Plaza Ekalokasari Bogor.

Kepala Perum LKBN Antara Biro Penyangga Jakarta, Budi Setiawanto, menjelaskan bahwa Antara merupakan Kantor Berita Perjuangan Bangsa Indonesia yang berdiri sejak 13 Desember 1937, oleh empat tokoh pejuang muda, yakni Adam Malik, AM Sipahoetar, Pandu Kartawigoena, dan Soemanang.

Antara berhasil menyiarkan berita Proklamasi Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945 ke seluruh penjuru dunia. Pada masa-masa persiapan pendiriannya, Antara sempat bernama Perantaraan yang disepakati di Kota Bogor oleh para pendiri tersebut.

“Jadi Kota Bogor memiliki kaitan sejarah dengan berdirinya Antara, sebuah kantor berita resmi Republik Indonesia,” jelasnya.

Dalam pelaksanaannya, kata Budi, peserta lomba membuat konten berita dan menjadi presenter beritanya kemudian ditayangkan di Antara Megapolitan, untuk dinilai oleh juri.

Sementara 20 finalis yang terpilih akan tampil langsung di hadapan para juri, untuk saling berlomba merebut gelar juara, yakni Juara I-III, Juara Favorit, dan Juara Harapan I-III.

“Penilaian berdasarkan pemenuhan persyaratan seperti penampilan sebagai presenter, artikulasi, intonasi, isi/konten berita, dan pemahaman atas materi yang disampaikan. Masing-masing pemenang akan meraih Piala Antara, piagam penghargaan, dan sejumlah hadiah lainnya,” tukasnya. (YUD)

BACA JUGA: Kumpul di Vila Puncak Bogor, Geng Motor Bocici Diciduk Polisi

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan