BLT El Nino November-Desember Akan Cair Sebesar Rp400 Ribu, Ini Cara Cek Status Penerima

JABAR EKSPRES- Pemerintah melalui Kementerian Keuangan telah mengonfirmasi penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan total dana mencapai Rp 7,52 triliun.

Menurut Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, BLT tersebut bertujuan untuk menjaga daya beli masyarakat, khususnya yang terdampak oleh fenomena El Nino. “Kita memberi BLT karena dipicu El Nino kepada 18,8 juta (KPM),” kata Menteri Keuangan tersebut dalam konferensi pers “APBN Kita Edisi Oktober 2023” di Jakarta Pusat pada Rabu, 25 Oktober 2023.

Sri menjelaskan bahwa penerima BLT El Nino ditentukan berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial, yang mencakup nama, alamat, dan nomor registrasi penerima manfaat. “Sehingga, kita tidak mencari lagi siapa yang menjadi targetnya,” katanya.

BACA JUGA: Bantuan El Nino November 2023 yang Akan Cair Rp400 Ribu, Simak Selengkapnya di Sini

Setiap KPM berhak menerima bantuan sosial (bansos) berupa uang tunai sebesar Rp 200 ribu pada November 2023 dan Rp 200 ribu pada bulan berikutnya. Dengan demikian, setiap individu yang terdampak El Nino akan mendapatkan total uang tunai sebesar Rp 400 ribu.

Masyarakat yang ingin mengetahui apakah namanya terdaftar sebagai penerima bansos dapat melakukannya melalui aplikasi Cek Bansos atau laman resmi Kemensos. Proses cek status penerimaan BLT El Nino dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Cara Cek Penerima BLT El Nino Melalui Website Kemensos:

  • Mengunjungi Situs Resmi Kemensos: https://cekbansos.kemensos.go.id/
  • Memasukkan Data Wilayah Penerima Manfaat: Mengisi data wilayah penerima manfaat, termasuk provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan.
  • Mengisi Nama Penerima Manfaat Sesuai KTP: Melengkapi kolom nama sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Memasukkan Kode Captcha: Menyertakan kode captcha sesuai petunjuk untuk keamanan verifikasi.
  • Menekan Tombol Cari Data: Klik tombol “Cari Data” untuk memulai proses pencarian dan mengetahui status penerimaan bansos.
  • Cara Cek Penerima BLT El Nino Melalui Aplikasi:

  • Unduh Aplikasi “Cek Bansos” dari App Store atau platform terkait.
  • Lakukan Pendaftaran dan Verifikasi Identitas: Daftar pada aplikasi dan verifikasi identitas sesuai ketentuan yang berlaku.
  • Gunakan Fitur Pencarian: Gunakan fitur pencarian di dalam aplikasi untuk mengetahui status sebagai penerima bansos.
  • Periksa Status Penerima Manfaat: Jika nama terdaftar sebagai penerima BLT El Nino 2023, status aktif sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan muncul dalam hasil pencarian di situs Kemensos.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan