Bantuan El Nino November 2023 yang Akan Cair Rp400 Ribu, Simak Selengkapnya di Sini

JABAR EKSPRES- Bantuan El Nino November. Kementerian Keuangan Indonesia mengonfirmasi bahwa Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino akan disalurkan kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Apakah Anda salah satunya? Di bawah ini, Anda bisa menemukan panduan untuk memeriksa penerima dan pencairan dana bantuan BLT yang berlangsung dari November hingga Desember 2023.

Dana yang dialokasikan untuk BLT EL Nino mencapai total Rp7,52 triliun, direncanakan untuk membantu Keluarga Penerima Manfaat yang terdampak fenomena El Nino.

BACA JUGA: Bantuan El Nino November 2023 Akan Segera Cair, Ini Cara Cek Status Bantuannya

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, penyaluran dana BLT dilakukan efisien, yaitu satu kali transfer sebesar Rp400.000 untuk dua bulan, November dan Desember 2023. Tujuan utamanya adalah memberikan dukungan secepatnya kepada KPM yang membutuhkan.

Kabar baiknya, penyaluran bansos Bantuan EL Nino November ini untuk PKH, BPNT, dan bantuan tambahan akan dipercepat.

Bagi sebagian penerima BPNT plus PKH dan BPNT murni dengan kartu KKS yang diterbitkan dari BNI, saldo bansos Rp400.000 sudah terisi.

Bansos sebesar Rp400.000 tersebut merupakan hasil penyaluran BPNT tahap ke-6 untuk bulan November dan Desember 2023.

Pencairan bansos PKH, BPNT, dan BLT EL Nino dipercepat, dengan bukti telah dicairkannya saldo Rp400.000 sebanyak dua kali kepada KPM.

Penyaluran ini dimulai pada 1 November 2023 untuk KPM BPNT plus PKH dan KPM BPNT murni.

Pencairan pada awal November sebesar Rp400.000 adalah hasil dari bansos BPNT tahap ke-5 untuk bulan September dan Oktober 2023.

Bagi KPM BPNT tahap ke-5, segera periksa rekening masing-masing karena bantuan sudah dicairkan ke seluruh wilayah Indonesia.

Pemerintah Indonesia berencana untuk memberikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat yang terdampak oleh fenomena El Nino. BLT El Nino senilai Rp400.000 akan disalurkan untuk setiap keluarga penerima manfaat selama dua bulan, yakni November dan Desember. Bantuan ini akan disalurkan melalui transfer ke rekening masing-masing penerima, dimulai bulan depan.

Namun, pertanyaan yang sering muncul adalah, siapa saja yang berhak menerima BLT El Nino dan bagaimana cara memeriksa apakah Anda adalah salah satunya? Berikut adalah panduan lengkapnya:

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan