Kurangi Risiko Bencana di Musim Hujan, BPBD Kabupaten Bandung Lakukan Ini 

JABAR EKSPRES – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung siap siaga dalam upaya pengurangan risiko bencana yang dialami oleh masyarakat Kabupaten Bandung pada musim hujan ini.

Upaya yang dilakukan salah satunya dengan mengadakan rapat koordinasi dengan beberapa stakeholder seperti Polresta Bandung, Kodim 0624, BMKG, PVMBG, Camat dan pihak swasta.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung Uka Suska mengatakan langkah siap siaga lainnya tak hanya berkoordinasi dengan pihak lain akan tetapi memberikan informasi cuaca terkini kepada masyarakat.

“BPBD juga akan menyebarluaskan informasi cuaca terkini kepada masyarakat luas di Kabupaten Bandung agar bisa lebih siap,” ujar Uka dalam keterangannya, Rabu (15/11/2023).

Uka mengaku telah menyiapkan sejumlah personil piket untuk menanggulangi jika adanya bencana.

“BPBD juga menyiagakan personil piket bencana, berikut peralatan maupun logistik yang dibutuhkan dalam kesiapsiagaan menghadapi awal musim hujan ini,” katanya.

Uka juga menyebut, pihaknya saat ini bersama dengan jajaran BPBD terus melakukan pengecekan sarana dan prasarana dan juga terus melakukan apel siaga bencana.

“pengecekan sarana dan prasarana antara lain tenda, perahu, genset, jaket, pompa penyedot air, pelampung, kendaraan roda 4, kendaraan roda 2. Dan Hal penting lainnya yang kita lakukan dengan melaksanakan apel siaga bencana, simulasi pendirian tenda, simulasi banjir, longsor,” tuturnya.

Selain itu demi memudahkan pelaporan bencana, pihaknya pun kata Uka akan mempersiapkan pemasangan radio komunikasi untuk koordinasi antar kecamatan atau desa dengan BPBD.

“Sehingga nantinya dapat mempermudah proses dan juga bisa menyebarluaskan imbauan terkait tentang kewaspadaan memasuki musim hujan,” ungkapnya.

Pihaknya pun juga tetap akan mempersiapkan beberapa logistik dan juga peralatan bencana.

“BPBD mempersiapkan logistik dan peralatan antara lain cangkul, sekop, sapu, bakrik,” pungkasnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan