Dampak Pildun U-17 Bagi Sektor Wisata Belum Terlihat, Apa Kata Disparbud Kabupaten Bandung?

JABAR EKSPRES – Penyelenggaraan Piala Dunia U 17 di Stadion Si Jalak Harupat (SJH) Kabupaten Bandung telah berlangsung sejak  4 hari yang lalu, dimulai dari tanggal 11 November 2023. Beberapa tim besar seperti Argentina, Jerman dan Jepang pun sedang berjibaku untuk lolos dalam fase selanjutnya di Piala Dunia U17.

Dengan adanya event internasional ini, Pemerintah Kabupaten Bandung pun menyambut baik dan menjadikan event ini sebagai ajang untuk mengenalkan pariwisata Kabupaten Bandung kepada mancanegara.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung Wawan A Ridwan mengatakan saat ini adanya Piala Dunia U17 di SJH belum terlihat dampaknya bagi pariwisata.

Menurutnya data jumlah kunjungan pariwisata saat ini masih berlangsung dan akan dikeluarkan pada akhir tahun.

“Kalau secara jumlah belum terhitung karena ini masih berlangsung, biasanya akhir tahun kita keluarkan release untuk kunjungan wisata ke Kabupaten Bandung,” ujar Wawan saat dihubungi, Selasa (14/11/2023).

Wawan menambahkan, meski saat ini kondisi Kabupaten Bandung sedang ramai di kunjungi banyak orang karena dampak dari Piala Dunia yang sedang berlangsung.

Hal tersebut, menurutnya secara jumlah pengunjung masih akan terus dimintai laporan terkait jumlah pengunjung kepada para pengelola wisata di Kabupaten Bandung.

“Secara jumlah pengunjung kita sedang berproses meminta laporan dari para pihak pengelola wisata yang ada di Kabupaten Bandung,” katanya.

Ditanya terkait apakah Disparbud Kabupaten Bandung ikut terlibat dalam meningkatkan ekonomi dalam penyelenggaran ini.

Pihaknya menyebut saat ini memang dari Disparbud tidak secara langsung dilibatkan, akan tetapi pihaknya tetap akan mengambil momen itu untuk memberikan informasi dan publikasi kaitan dengan potensi pariwisata Kabupaten Bandung.

“Kalau secara jauh kita tidak terlalu terlibat ya. Cuman karena sekarang pada saat ini GBS dijadikan shelter untuk pengangkutan penonton ada petugas-petugas dari Disparbud yang menyampaikan informasi kaitan dengan wisata favorit mana yang nyaman dikunjungi oleh mereka yang datang ke Kabupaten Bandung,” tuturnya.

Selain itu, kata Wawan pihaknya pun sudah menawarkan ke FIFA jika nantinya ada kontingen atau delegasi dari tim-tim yang berlaga untuk mengunjungi wisata di kabupaten bandung akan dipersiapkan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan