Apa Itu Sertifikat CAT SKD CPNS? Ini Link dan Cara Downloadnya

JABAR EKSPRES – Ketahui untuk apa itu sertifikat CAT SKD CPNS lengkap dengan link unduh dan cara mengaksesnya di bawah ini. Peserta ujian SKD CPNS dapat dengan mudah mengunduh sertifikatnya.

Saat ini, diketahui proses rekrutmen CPNS 2023 masih berada di tahap ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang sudah dimulai sejak 9 November hingga 18 November 2023 nanti.

Lalu apa itu sertifikat CAT SKD CPNS?

Dilansir dari Instagram @bkngoidofficial, realisasi SERTIFI-CAT dimulai sejak pelaksanaan Seleksi ASN 2021, termasuk SKD #Dikdin2021 dan Seleksi CPNS serta PPPK yang melibatkan ujian dengan Computer Assisted Test (CAT) BKN.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyiapkan SERTFI-CAT sebagai sertifikat ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2023. Pemberian sertifikat ini tidak hanya berlaku saat pelaksanaan tes SKD CPNS, melainkan telah diberikan sejak pelaksanaan SKD Sekolah Kedinasan (DIKDIN).

Peserta yang telah menyelesaikan SKD dapat mengunduh sertifikat mereka melalui situs resmi https://sertificat.bkn.go.id. Proses pengunduhan sertifikat dilakukan dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Peserta Ujian, kemudian mengklik tombol unduh.

BACA JUGA: Nilai SKD 300 Memenuhi Syarat Lulus CPNS atau Tidak? Ini Ketentuan Passing Grade CPNS 2023

Selain itu, peserta juga dapat memeriksa keaslian sertifikat SKD dengan mengunduh aplikasi Validator Sertificat BKN melalui Google Play Store. Caranya cukup dengan memindai QR Code yang terdapat pada sertifikat.

SERTIFI-CAT ini mencakup nilai dari tiga tes yang diujikan, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelejensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).  Jadi, peserta dapat melihat hasil nilai SKD melalui sertifikat tersebut.

Dilansir dari berbagai sumber, sertifikat SKD CPNS ini berfungsi sebagai tanda bukti bahwa seseorang sudah pernah mengikuti tes SKD CPNS pada tahun tersebut. Sehingga nantinya, sertifikat dapat menjadi modal untuk peserta yang mengikuti seleksi CPNS ke tahap berikutnya.

Peserta dapat mengunduh sertifikat SKD dan seleksi kompetensi PPPK dengan CAT BKN secara online. Berikut adalah link dan langkah-langkah cara mengunduh sertifikat SKD CPNS dan PPPK 2023:

Cara Download Sertifikat CAT SKD CPNS

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan