CSR PT MBK Ventura Salurkan 52 Tong Sampah Organik Non-organik

JABAR EKSPRES – PT Mitra Bisnis Keluarga (MBK) Ventura sosialisasikan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dengan menyalurkan tong sampah di Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat (KBB), pada Selasa, 14 November 2023.

Pemilihan jenis bantuan tong sampah sebanyak 52 paket organik dan non-organik untuk 10 Desa dan fasilitas umum ini dirasa pas, mengingat di wilayah Bandung Raya sempat mengalami status darurat sampah. Usai Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat terbakar beberapa waktu lalu.

Assistant Regional Manager PT MBKV, Euis Rohmawati mengatakan agenda CSR ini memang rutin dilakukan termasuk di wilayah Kabupaten Bandung Barat. Namun dilakukan secara bergilir dari satu kecamatan ke kecamatan lainnya.

Menurutnya, PT MBKV selalu berkomitmen untuk terus berkontribusi terhadap masalah lingkungan yang dihadapi masyarakat. Tak terkecuali masalah yang dirasakan oleh kabupaten/kota se-Bandung Raya. Dari total 52 tong sampah itu, sudah dibagikan kepada 10 Desa dan fasilitas umum di Kecamatan Cihampelas.

Karena itu dengan adanya pembagian tong sampah di Kecamatan Cihampelas ini, bisa mengurangi volume sampah untuk wilayah KBB. Selain itu masyarakat juga dapat memilah antara sampah organik dan non-organik seperti yang digencarkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Kalo kami kegiatan CSR itu memang rutin yah. Cuma memang setiap kecamatan bergilir di Kabupaten Bandung Barat itu, tidak bisa mengcover semua. kebetulan di Kecamatan Cihampelas sendiri membutuhkan program tong sampah ini,” kata Euis Rohmawati, di Kecamatan Cihampelas, KBB, pada Selasa, 14 November 2023.

Kemudian Euis menuturkan, adanya CSR di berbagai wilayah termasuk di Kecamatan Cihampelas ini, supaya PT MBK selalu dapat memberikan manfaat kepada masyarakat. Dan jenisnya sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan yang ada di wilayah tersebut.

Sejatinya PT. Mitra Bisnis Keluarga Ventura merupakan lembaga keuangan mikro (LKM) resmi yang terdaftar dan diawasi otoritas jasa keuangan (OJK). Untuk di Kecamatan Cihampelas, MBKV sudah berjalan dari 2007 dengan jumlah 3.123 mitra perempuan.

Mitra terpadu MBKV sudah memiliki usaha dengan jenis-jenis berbeda, baik usaha pertanian, perikanan, perdagangan dan lainnya. Dengan plafon pembiayaan dari Rp 3 juta sampai Rp 6 juta untuk tahun pertama. Di kecamatan cihampelas, pembiayaan yg sudah di cairkan PT MBK per mitra rata2 di kisaran Rp 9 sampai 10 juta, bahkan ada yg sudah mencapai Rp 20 juta.

Tinggalkan Balasan