Waspada! Kasus Positif Cacar Monyet di Jawa Barat Naik

JABAR EKSPRES – Kasus positif cacar monyet atau Monkeypox di Jawa Barat (Jabar) tercatat hingga saat ini terus mengalami penambahan. Bahkan dalam informasi terbarunya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar mengaku pihakanya kembali melaporkan adanya satu kasus tambahan yang ditemukan di wilayah Cirebon.

Sehingga, kepala Dinkes Jabar Vini Adiana Dewi menyebutkan, sampai hari ini kasus penyebaran cacar monyet di Jawa Barat telah menjadi 5 kasus.

“Yang positif (cacar monyet) menjadi 5 orang nambah satu. Jadi ada di Kota Bandung itu sudah sembuh, Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Cirebon, dan Kabupaten Cirebon (baru),” katanya saat dikonfimasi, Senin, 13 November 2023.

BACA JUGA: Selain Suspek Cacar Monyet, Warga Asal Cianjur Ini Juga Terjangkit HIV

Dengan adanya saru kasus baru ini, Vini mengaku bahwa pihaknya telah menginstruksikan kepada seluruh kabupaten kota, khususnya Cirebon, untuk segera melakukan tracing atau pelacakan kepada kontak erat selama 21 hari kedepan.

“Kita tetap siap siaga, khusunya kepada kontak erat dalam hal ini keluarga. Jadi kita akan pantau selama 21 hari (ke depan), karena kemarin juga yang di Bandung, Alhamdulillah sudah 21 hari tidak ada yang positif lagi,” ungkapnya.

Maka dari itu, Vini menuturkan bahwa pihaknya akan terus mengimbau kepada seluruh kabupaten kota, khususnya Dinkes, untuk terus melakukan pemantauan selama 21 hari kedepan jika ditemukan adanya kasus positif cacar monyet.

BACA JUGA: Kasus Positif Cacar Monyet di Jabar Meningkat, Dinkes Upayakan Penyembuhan

“Pokoknya 21 hari (ke depan) saja. Karena, kita menghitungnya teman-teman kabupaten kota diharapkan untuk selalu memantau selama 21 hari (jika ditemukan adamya kasus positif),” pungkasnya.

Sebelumnya, pada tanggal 8 November 2023 kemarin, Vini menyebutkan telah mengalami penambahan menjadi 4 kasus positif cacar monyet.

“Kasus Mpox (cacar monyet) per tanggal 8 November 2023 kemarin, total menjadi 4. Di Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Cirebon, dan Kota Bandung yang sudah sembuh,” ucapnya saat dikonfimasi, Kamis, 9 Oktober 2023, kemarin. (San)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan