ABK Tewas di Perairan Bagalbatre Ujunggenteng Sukabumi, Begini Kronologisnya

 

JABAR EKSPRES – Perahu nelayan mengalami kecelakaan di Perairan Bagalbatre Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi pada Minggu 12 November 2023. Dalam peristiwa tersebut, satu orang anak buah kapal (ABK) dikabarkan tewas.

Ketua Forum SAR Daerah (SARDA) Kabupaten Sukabumi Okih Pazri, mengatakan bahwa perahu dengan nama dewa laut tersebut milik Sunarya (40), warga Desa Ujunggenteng.

“Tim mendapatkan informasi pukul 22.30 WIB, kemudian melaksanakan pencarian hingga Senin 13 November 2023 pukul 00.47 WIB (ditemukannya korban),” ungkapnya saat dikonfirmasi oleh Jabar Ekspres.

Baca juga: Bayar Pajak Kendaraan Makin Mudah, Samsat Banjar Buka Layanan di Mal Pelayanan Publik Puspa Asih

Dari peristiwa tersebut, Asep (60) pria asal Kecamatan Palabuhanratu, yang merupakan juru kemudi kapal berhasil selamat. Namun warga Kecamatan Bojonggaling, Kabupaten Sukabumi, Usup (50) yang bertugas sebagai ABK ditemukan tewas tak jauh dari lokasi kejadian.

“Jumlah korban dua orang, Asep selamat, namun Ucup ditemukan tak bernyawa,” tuturnya.

Dirinya mengatakan bahwa kecelakaan perahu tersebut berawal dari hantaman ombak ketika putar arah. Kemudian, terdapat kebocoran di bagian kapal yang mengakibatkan perahu tidak seimbang.

Okih memaparkan bahwa kecelakaan laut tersebut berawal dari kebocoran pada salah satu bagian perahu. Kemudian, ombak menghantam hingga posisi perahu milik Sunarya terbalik.

“Pada saat melaksanakan kegiatan usaha menangkap ikan di laut, setelah keluar dari dermaga, perahu yang beliau tumpangi mengalami kebocoran di bagian kincang. Awalnya satu kincang bocor, ke isi air jadi berat sebelah, pas dihantam gelombang langsung terbalik,” tutupnya. (Mg9)

Baca juga: Sistem Digitalisasi Parkir Kota Banjar ‘Berbuah Manis’

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan