Fatwa MUI Boikot Produk Pro Israel, Begini Tanggapan Wabup Sukabumi

JABAR EKSPRES – Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi periode 2019-2024 Iyos Somantri, turut serta dalam aksi bertajuk “Sukabumi Peduli Palestina” yang digelar di Lapang Sekarwangi Cibadak, Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, pada Minggu, 12 November 2023.

Saat dikonfirmasi awak media, Iyos Sumantri membenarkan mengenai imbauannya untuk memboikot produk yang menyatakan pro terhadap Israel. Dirinya menilai bahwa pernyataannya sudah sesuai dengan Fatma Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Itu pribadi saya mengatakan sesuai dengan (Fatwa) MUI. MUI sudah menyarankan, mengimbau, kemudian Menteri Perdagangan juga menyampaikan. Ini untuk keberpihakan pada saudara seiman kita,” jelasnya pada Minggu, 12 November 2023.

Baca juga: Aksi Sukabumi Peduli Palestina, Ribuan Warga Padati Lapang Sekarwangi Cibadak

Selain itu, Iyos juga sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan di Lapang Sekarwangi Cibadak itu, karena mengutamakan misi kemanusiaan.

“Kezaliman dan serangan-serangan yang dilakukan oleh zionis ini mudah-mudahan Allah segera singkirkan, kenapa demikian? Karena ini masalah kemanusiaan,” tuturnya.

“Ini masalah kemanusiaan, sedih ketika melihat serangan bertubi-tubi terhadap Palestina. Kita sebagai warga Indonesia, kita sebagai warga negara yang baik, kemudian sebagai umat muslim tentunya sangat teriris hati kita, bahwa kondisi seperti itu sangat menyakitkan,” tegasnya.

Kemudian, Ia juga mengimbau kepada masyarakat terkhusus Sukabumi, agar terus memanjatkan doa, serta terus meringankan beban masyarakat Palestina dengan cara memberikan dukungan dari berbagai aspek.

“Imbauan kepada masyarakat terus berdoa, dan membantu saudara saudara kita, baik itu moril, materil, dan juga yang lain, yang bisa membantu saudara saudara kita (masyarakat Palestina),” tutupnya. (Mg9)

Baca juga: Peringati Hari Pahlawan, Ratusan Pesepeda Berkumpul di Alun-alun Langensari Banjar

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan