Peringati Hari Jomblo Sedunia, Ini Cara jomblo Membahagiakan diri Sendiri

JABAR EKSPRES – Tanggal 11 November diperingati sebagai hari Jomblo sedunia atau World Singles Day. Yakni hari untuk orang-orang yang belum punya pasangan untuk bisa membahagiakan dirinya sendiri.

Peringatan Hari Jomblo Sedunia ini pertama kali dirayakan pada tahun 1993 di China.

Tepatnya saat mahasiswa di Universitas Nanjing China merayakan hari dimana mereka sama-sama tidak memiliki pasangan.

Cara mereka merayakannya cukup unik yakni dengan membahagiakan diri sendiri dengan berbagai hal yang menurutnya menyenangkan, misalnya membeli barang yang sangat diinginkan, jalan-jalan ketempat impian, makan makanan enak, hingga melakukan sesuatu yang menurut mereka seru dan membahagiakan.

Baca juga : Rekomendasi Aktifitas Seru Mengisi Malam Minggu untuk Jomblo

Dalam ilmu psikologi, para pakar telah mengidentifikasi beberapa prinsip yang dapat membantu seseorang mencapai kebahagiaan pribadi.

Berikut beberapa cara dan tips membahagiakan diri sendiri berdasarkan pandangan psikologi, :

1. Kenali Diri Sendiri

Memahami siapa diri Anda, keinginan, nilai-nilai, dan kelebihan serta kelemahan Anda adalah langkah awal untuk mencapai kebahagiaan. Ini dapat membantu Anda membuat pilihan hidup yang sesuai dengan identitas dan tujuan Anda.

2. Terima Diri Sendiri

Menerima dan mencintai diri sendiri adalah kunci kebahagiaan. Hindari otoritas negatif dalam diri Anda dan fokus pada hal-hal positif yang Anda miliki.

3.Tetap Bersyukur

Melakukan latihan rasa syukur secara rutin dapat meningkatkan perasaan kebahagiaan. Fokus pada hal-hal positif dalam hidup Anda dan hargai momen-momen kecil yang membawa kebahagiaan.

4. Atur Tujuan yang Realistis

Menetapkan tujuan yang dapat dicapai dan realistis memberikan perasaan pencapaian, yang dapat meningkatkan kebahagiaan Anda.

5. Hubungan Sosial yang Positif

Membangun dan merawat hubungan yang positif dengan orang lain dapat meningkatkan kesejahteraan emosional Anda. Koneksi sosial dapat memberikan dukungan emosional dan meningkatkan kebahagiaan.

6. Berinvestasi dalam Pengembangan Pribadi

Terus belajar dan berkembang dapat memberikan perasaan pencapaian dan meningkatkan kepuasan hidup. Mengejar minat dan hobi juga dapat meningkatkan kebahagiaan.

Baca juga : Selamat Hari Jomblo Sedunia! Begini Fakta Menariknya

7. Latihan Fisik

Aktivitas fisik dapat meningkatkan kesejahteraan emosional. Latihan fisik melepaskan endorfin, yang dapat meningkatkan mood.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan