Polemik Logistik Pemilu 2024, Kapolres Banjar Beberkan Kendala ini

JABAR EKSPRES – Polres Banjar telah melakukan monitoring terhadap kelayakan gudang yang akan digunakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar untuk menyimpan logistik Pemilu 2024. Hasilnya, secara garis besar sudah layak, namun ada beberapa atensi yang harus dilakukan KPU agar keamanan logistik kontestasi pesta demokrasi lima tahunan di Kota Banjar itu berjalan aman.

“Kita (datang) monitoring ini apakah sudah layak gudang ini menjadi tempat penampungan logistik. Kami lihat ini (gudang) memungkinkan menjadi lokasi gudang. Tapi ada beberapa yang menjadi atensi buat KPU,” ujar Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo, Jumat 10 November 2023.

Ia menjabarkan, sejumlah atensi yang harus dilakukan oleh KPU mengenai keamanan gudang. Yaitu mengenai SOP pengamanan seperti apa dan penambahan beberapa CCTV di area gudang agar dapat terpantau seluruh pergerakan. Selain itu, dirinya menilai bahwa keamanan ini penting karena logistik salah satu pendukung suksesnya pelaksanaan Pemilu 2024.

Baca juga: Investasi Bodong Rp2,8 Miliar di Kabupaten Ciamis, Polisi Beberkan Modusnya

“Kami melihat bahwa masih ada beberapa yang harus diperbaiki. Karena kembali lagi bahwa ini hajat hidup masyarakat Indonesia ke depan. Kalau gudang ini terjadi gangguan tentunya akan menjadi penghambat pelaksanaan Pemilu. CCTV sudah ada tetapi ada beberapa yang harus ditambahkan untuk bisa melihat lebih jelas lagi terhadap orang orang yang masuk ke gudang ini,” tutur AKBP Bayu Catur Prabowo.

Tak hanya itu, Kapolres Banjar mengatakan, para petugas yang berada di Gudang Logistik KPU ini harus memiliki kemampuan dalam penggunaan alat pemadam kebakaran, baik apar maupun alat pemadam kebakaran tradisional lainnya. Hal ini menjadi penting karena isi dalam gudang logistik KPU Banjar didominasi bahan yang mudah terbakar.

“Pelatihan anggota yang jaga disini terkati penggunaan alat pemadam kebakaran. Itu harus dilatihkan karena kita tahu bahwa logistik yang sudah datang ini terbuat dari bahan dari karton. Baik itu bilik, kemudian kotak suara, tinta, dan segel. (Saat ini) masih menunggu kabel tis untuk pengganti gembok,” tuturnya.

Sementara itu, terkait keterlibatan anggota Polri dalam pengamanan gudang logistik Pemilu 2024, kata Kapolres Banjar, anggota akan secara masif melakukan patroli ke lokasi gudang untuk pendekatan dengan petugas di Gudang Logistik KPU Kota Banjar dan memonitor situasi disini. Itu dilaksanakan 1×24 jam nonstop oleh anggota Polsek maupun Polres.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan