Sumedang Wakili Indonesia Ikut Smart City Expo di Barcelona

Jabarekspres.com – Kementerian Dalam Negeri RI melalui Direktorat Jenderal Administrasi Kewilayahan (Ditjen Adwil) menugaskan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang mewakili Indonesia untuk mengikuti Smart City Expo World Congress (SCEWC) 2023 di Barcelona, Spanyol.

“Tahun ini Kami menugaskan Kabupaten Sumedang ikut SCEWC, pameran dan kongres smart city terbesar di dunia. Melalui event ini diharapkan daerah mampu menampilkan inovasi dalam pembangunan kota cerdas berkelanjutan di pentas global, serta dapat membangun jejaring internasional,” ujar Safrizal ZA, Dirjen Adwil Kementerian Dalam Negeri RI di Grand Via Venue, Barcelona. Rabu (8/11).

Menurut Safrizal, yang didapuk sebagai National Representative dan Shepherd ASEAN Smart City Network (ASCN), berbagai daerah di Indonesia sudah mengembangkan smart city. Tugas Kementerian Dalam Negeri adalah memberikan pendampingan agar sesuai dengan norma, standar, prosedur dan kriteria.

Baca Juga: Pj. Bupati Sumedang Raih Best Of The Best KIJB 2023

“Bukan hanya mengikuti standar nasional, pengembangan smart city ke depan harus menyesuaikan juga dengan trend global seiring pesatnya perkembangan teknologi informasi,” imbuhnya.

Herman Suryatman, Penjabat Bupati Sumedang, menyampaikan bahwa penugasan dari Kementerian Dalam Negeri RI ini merupakan sebuah kepercayaan dan kehormatan yang harus ditunaikan dan dimanfaatkan dengan baik.

“Ini peluang yang luar biasa untuk mengeksplorasi dan mengabarkan pada dunia bahwa smart city di Indonesia setara dengan perkembangan di berbagai negara maju. Di sisi lain, forum ini sangat penting untuk membangun jejaring dan kolaborasi dengan para aktor smart city global,” tukas Herman.

Baca Juga: Walikota Eunpyeong-gu Korea Selatan Akui Sumedang Teman Sepadan

Ditegaskan, menjadikan Sumedang World Class Government kini merupakan sebuah keniscayaan. “Sebelumnya banyak pihak yang meragukan Sumedang. Alhamdulillah, kini Sumedang menjadi salah satu aktor dalam smart city global network. Dunia semakin borderless atau tanpa batas, tidak bisa lagi kita hidup sendiri. Kita harus kolaborasi dan menjadi bagian dari jejaring global,” ungkap Herman.

Lebih lanjut Bupati Herman menyampaikan, pengembangan smart city di Sumedang, khususnya dalam smart government atau digital government, hanya alat saja. “Tujuan utama Kami adalah meningkatkan kesejahteraan dan kbahagiaan masyarakat. Adapun teknologi informasi dalam bingkai smart city hanyalah pengungkit,” tukas Herman.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan