Doa dan Ayat Rukyah Untuk Singkirkan AIN

JABAR EKSPRES – Jika mendengar istilah rukyah, orang selalu membayangkan tentang mengusir jin dari orang yang kesurupan atau kemasukan roh. Padahal rukyah tidak hanya tentang jin, tetpai juga untuk menghilangkan penyakit. Berikut doa dan ayat rukyah yang bisa dibacakan untuk penyembuhan.

Secara syar’i, ruqyah adalah kalimat-kalimat yang dibacakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. (Kitabut Tauhid lil Fauzan, hlm. 48).

Penyakit yang bisa disembuhkan dengan rukyah bukan hanya penyakit badan yang nampak seperti batuk, pilek, demam, kejang dan yang lainnya, namun juga penyakit yang tidak nampak, seperti kesurupan dan penyakit ‘ain.

Pada dasarnya, semua ayat-ayat Al-Qur`an bisa digunakan untuk ruqyah. seperti yang diriwayatkan ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata:

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دَخَلَ عَلَيْهَا وَامْرَأَةٌ تُعَالِجُهَا أَوْ تَرْقِيهَا، فَقَالَ: “عَالِجِيهَا بِكِتَابِ اللَّهِ”

“Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam pernah masuk ke rumah ‘Aisyah lalu mendapati ada wanita sedang menyembuhkan atau meruqyah Aisyah. Maka Nabi bersabda: “Sembuhkanlah ia dengan Al-Qur`an!”” (HR. Ibnu Hibban no.6098, di-shahih-kan al-Albani dalam Silsilah ash-Shahihah no.1931)

Baca juga : Tiba-tiba Berjerawat Parah dan Wajah Kusam, Awas, Bisa Jadi Kena Penyakit ‘Ain

Dari hadist tersebut sudah bisa diketahui bahwa Al-quran merupakan penyembuh, dan ayat-ayat didalam alquran benar-benar sangat ampuh sebagai penyembuh.

Sedangkan bacaan ruqyah dari hadis-hadis Nabi yang shahih lebih banyak lagi. Di antaranya dalam hadis ‘Aisyah radhiyallahu ’anha, ia berkata: “Ketika Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam merasakan sakit, malaikat Jibril me-ruqyah-nya dengan doa:

باسْمِ اللهِ يُبْرِيكَ، وَمِنْ كُلِّ دَاءٍ يَشْفِيكَ، وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إذَا حَسَدَ، وَشَرِّ كُلِّ ذِي عَيْنٍ

(dengan nama Allah yang menyembuhkanmu. Ia menyembuhkanmu dari segala penyakit dan dari keburukan orang yang hasad dan keburukan orang yang menyebabkan ‘ain). (HR. Muslim no.2185)

Doa dan Ayat Rukyah

Salah penyakit yang bisa disembuhkan dengan rukyah adalah penyakit AIN, untuk mecobanya, bisa dengan membaca doa dan ayat-ayat berikut ini :

1. Membaca doa:

بِسْمِ اللَّهِ أَرْقِيكَ مِنْ كُلِّ شَيْءٍ يُؤْذِيكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ نَفْسٍ أَوْ عَيْنٍ أَوْ حَاسِدٍ اللَّهُ يَشْفِيكَ بِسْمِ اللَّهِ أَرْقِيكَ

Bismillahi Arqika, Min Kulli Syai’in Yu’dzika, Min Syarri Kulli Nafsin Aw ‘Ainin Hasidin, Allahu Yasyfiika, Bismillaahi Arqika.

Arti: Dengan nama ALLAH aku meruqyahmu dari segala sesuatu yang menyakitimu dan dari kejahatan segala makhluk atau kejahatan mata yang dengki. ALLAH lah yang menyembuhkanmu. Dengan nama ALLAH, aku meruqyahmu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan