Soal TPS Cibereum, Pemkot Bandung Masih Tunggu Persetujuan Pemkab Sumedang

JABAR EKSPRES – Rencana pemanfaatan Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Cibeureum, di Kabupaten Sumedang sudah sampai pada tahap pembahasan antara dua Instansi pemerintah daerah tersebut.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung telah melakukan komunikasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang, pada Kamis (2/11) kemarin. Hal ini menyoal penggunaan lahan di Cibereum untuk pembuangan dari Bandung.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna menuturkan, pertemuan itu melibatkan Penjabat (Pj) Bupati Sumedang hingga unsur kewilayahan di kawasan TPSA Cibereum tersebut.

Adapun hasil dari pertemuan itu adalah penantian. Menurutnya, Pemkot Bandung saat ini tinggal menanti keputusan konkret dari Pemkab Sumedang. Perihal izin dan teknis operasional pada masa mendatang.

BACA JUGA:  Puluhan Ribu Ton Sampah Tertahan, Penanganan Sampah Pasar jadi Fokus Utama Pemkot Bandung

“Kami alhamdulillah sudah bisa bertemu dengan Pak Pj Bupati Sumedang. Bahkan saya sendiri kemarin meninjau ke lokasi ya, bahwa di sana sebetulnya sangat representatif,” tutur Ema kepada wartawan Jabar Ekspres, Jumat (3/11).

“Nah, cuma memang Pak Bupati masih perlu waktu. Berbicara mungkin nanti dengan dewan di sana, bicara dengan masyarakat di sana, kemudian bicara dengan seluruh jajaran di sana,” tambahnya.

Jadi, lanjut Ema, masih ada aspek sosial yang harus diselesaikan terlebih dahulu di Kabupaten Sumedang. Termasuk komunikasi uji teknorasi menyoal akses jalan dan manajemen resiko lahan tersebut.

Lantas dirinya mengaku bahwa belum ada kepastian TPSA Cibereum bisa segera beroperasi, termasuk menerima sampah dari Kota Bandung. Namun, Ema tetap berharap rencana ini bisa berjalan dengan baik.

“Belum (ada kepastian). Otoritas bukan di kami. Kami, kan, memohon. Bahasa Sunda mah tamada, minta bantuan supaya di masa darurat ini Sumedang sebagai saudara kita, bisa membantu,” harapnya.

“Kami, segala sesuatunya sudah disampaikan dengan segala terbuka. Berbagai hal tidak ada yang kami tutupi. Mungkin sekarang (Pemkab Sumedang) sedang kerja keras, Pak Pj Bupati Sumedang membahas dengan jajarannya,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan