Bandara Husein Sastranegara Masih Melayani Dua Rute Penerbangan

JABAR EKSPRES – Dua rute penerbangan domestik masih terdaftar di Bandara Husein Sastranegara setelah rute pesawat jet berpindah ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Executive General Manager PT Angkasa Pura II (AP 2) Bandara Husein Sastranegara R Indra Crisna Saputra, menyatakan bandara yang berlokasi di Kota Bandung tersebut masih memberlakukan pelayanan penerbangan untuk tujuan ke Yogyakarta dan Surabaya.

“Setelah pemindahan penerbangan pesawat jet dari Bandara Husein Sastranegara ke BIJB Kertajati, tanggal 29 Oktober 2023 lalu, masih ada layanan terbang dari Bandung ke Yogyakarta dan Surabaya,” ucap Indra, saat dikonfirmasi, Kamis, 2 November 2023 kemarin.

Maskapai yang melayani rute penerbangan Bandara Husein Sastranegara ke Yogya dan Surabaya berlaku untuk tujuan pulang-pergi (PP), adalah Wings Air, yang menggunakan pesawat propeller atau baling-baling (ATR).

BACA JUGA: Penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Pindah ke BIJB Kertajati, Apa Alasan PT Angkasa Pura II?

“Jadi potensi yang bagus ini ada di Wings Air. Dan Wings Air ini sedang menjajaki rute-rute barunya selain Yogya dan Surabaya tadi. Mungkin ada Semarang atau daerah lain,” paparnya.

Meski penerbangan pesawat tipe jet telah berpindah ke BIJB Kertajati, Indra memastikan, Bandara Husein Sastranegara tetap melakukan layanan sesuai standar dan tetap mempersiapkan fasilitas penerbangan di sana dengan dukungan dari Lanud Husein Sastranegara.

Indra juga menjelaskan, adanya penerbangan dengan pesawat propeller ke Yogya dan Surabaya, dikarenakan memiliki sejarah yang cukup baik, di mana pada tahun 2019 lalu, dalam sehari bisa mencapai delapan penerbangan.

“Jadi, 2019 itu (sedang) bagus-bagusnya. Semua ATR mulai dari Surabaya, Yogyakarta, terus Semarang, terus Halim. Itu rute-rutenya banyak dan saat ini, makanya ingin diambil oleh Wings (Air) itu adalah Yogyakarta dan Surabaya dan ini rutin ada setiap hari,” bebernya.

Sebelum penerbangan pesawat jet dari Bandara Husein Sastranegara dialihkan ke BIJB Kertajati, Indra mencatat setidaknya ada tujuh penerbangan yang dilakukan di Bandara Husein.

BACA JUGA: Penerbangan Tipe Jet Beralih ke Kertajati, Angkasa Pura Akan Optimalisasi Pekerja Husein Sastranegara

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan