5 Fakta Asal-Usul Semangka Jadi Simbol Perlawanan Palestina

JABAR EKSPRES – Berikut 5 fakta asal-usul semangka jadi simbol perlawanan Palestina. Viral akhir-akhir ini warganet yang mengunggah gambar buah semangka sampai menggunakan emoji semangka di berbagai media sosialnya.

Diketahui buah semangka digunakan sebagai simbol bentuk dukungan kepada warga Palestina yang sedang dijajah. Tidak hanya warganet, ada juga tokoh publik yang ikut serta membagikan emoji semangka tersebut di akun media sosial mereka. 

Namun tahukah Anda bagaimana asal-usul emoji semangka menjadi simbol perlawanan Palestina? Berikut 5 fakta sejarah tentang simbol semangka jadi perlawanan warga Palestina.

Emoji semangka memiliki warna merah, putih, hitam, dan hijau yang mirip dengan bendera Palestina.

5 Fakta Asal-Usul Semangka Jadi Simbol Perlawanan Palestina

Dirangkum dari laman NU Online, terdapat kisah di balik simbol semangka jadi perlawanan rakyat Palestina sebagai berikut: 

1. Berawal dari larangan penggunaan bendera Palestina

Pada 1967, setelah perang 6 hari, Israel menguasai Tepi Barat, Jalur Gaza, dan wilayah Yerusalem Timur, yang menyebabkan pemerintah Israel melarang penggunaan bendera Palestina di wilayah pendudukan.

Sebagai tanggapan, semangka mulai digunakan sebagai simbol perlawanan terhadap penindasan terhadap identitas dan bendera Palestina. 

2. Semangka memiliki warna yang mirip bendera Palestina

Emoji semangka memiliki warna merah, putih, hitam, dan hijau yang mirip dengan bendera Palestina.

BACA JUGA: Viral Semangka Palestina Ramai di Medsos, Ternyata Ini Artinya

3. Simbol semangka dibuat dalam karya seni

Meskipun undang-undang tidak selalu melarang penggunaan bendera Palestina, semangka dianggap sebagai simbol perlawanan dan muncul dalam seni, kemeja, grafiti, dan poster.

Pada 1980, tentara Israel menutup 79 galeri seni yang memamerkan karya seniman seperti Sliman Mansour, Nabil Anani, dan Issam Badr karena karya-karya mereka dianggap mengandung unsur politis dan warna bendera Palestina.

Hingga sempat terjadi konfrontasi antara seniman Issam Badr dan tentara Israel terkait lukisan semangka sebagai simbol perlawanan.

BACA JUGA: Makna Simbol Semangka yang Digunakan untuk Mendukung Palestina

4. Simbol semangka mulai meluas 

Meskipun Sliman Mansour tidak secara aktif mendukung seniman lain, cerita tentang semangka menginspirasi seniman lain seperti Khaled Hourani untuk menciptakan karya seni serupa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan