Harga Cabai Rawit Makin Pedas, Tembus Rp94 Ribu di Pasar Kosambi

JABAR EKSPRES – Harga cabai di pasar-pasar tradisional Kota Bandung makin pedas. Harga cabai rawit merah tembus Rp94 ribu per kilogramnya.

Pantauan Jabar Ekspres Kamis, 2 November 2023, kenaikkan harga cabai juga nampak di Pasar Kosambi Kota Bandung. “Sekarang cabai rawit merah Rp94 ribu. Kalau normal di kisaran Rp50 ribu,” kata Wilda, salah satu pedagang di pasar tersebut.

Wilda melanjutkan, harga cabai merah juga ikut naik dari harga normal. Harga cabai merah keriting sekarang tembus Rp80 ribu.

BACA JUGA: Pengemis Pura-pura Buta, Dinsos Sebut Jarang Temukan Kasus Seperti Itu

Nunung pedagang lain menambahkan, kenaikan sejumlah harga cabai itu mulai nampak selama dua pekan terakhir. “Mungkin karena kemaraunya terlalu lama,” cetusnya.

Pedagang hanya bisa mengikuti harga pasaran karena memang dari tengkulak harganya sudah naik. Kalau dijual lebih murah tentu akan rugi. “Biasanya stok dari Lembang,” ucapnya.

Sementara itu Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jabar juga telah mencatat trend kenaikan harga cabai itu beberapa hari terakhir di sejumlah pasar tradisional di Bandung. Pada 26 Oktober lalu harga cabai rawit merah masih di angka Rp74 ribu. Harga tembus Rp94 ribu sejak 30 Oktober.

BACA JUGA: Penataan PKL ke Basemen Alun-alun Kota Bandung, Area Parkir Hilang?

Untuk cabai rawit hijau saat ini harganya Rp69 ribu perkilogram. Harga pada 26 Oktober masih di angka Rp55 ribu.

Pola yang sama juga terlihat pada cabai merah keriting. Pada 26 Oktober harganya masih Rp51 ribu. Kemudian mulai tembus Rp77 ribu pada 30 Oktober.

Di sisi lain, Badan Pusat Statistik (BPS) Jabar juga mencatat bahwa cabai merah dan cabai rawit turut memberikan andil inflasi di Jabar pada Oktober 2023 secara m to m. Inflasi Jabar secara m to m pada Oktober ada di angka 0,13 persen. Cabai rawit memberikan andil sebesar 0,017 persen, sedang cabai merah memberi andil 0,029 persen. (son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan