Pendampingan DP3P2KB pada Keluarga Beresiko Stunting Kota Cimahi

JABAR EKSPRESKota Cimahi terus gencar mempercepat upaya mengurangi kasus stunting, bertujuan memastikan tumbuh kembang generasi yang tangguh dan sehat bagi masa depan.

Pendampingan pada calon orang tua, dilakukan oleh DP3P2KB Kota Cimahi dengan tim pendamping keluarga. Sebanyak 438 tim yang terdiri dari 3 orang dalam satu tim.

Menurut Kepala Dinas DP3P2KB, Fitriani Manan mengatakan pihaknya memiliki tim pendamping keluarga untuk penanganan stunting pada masyarakat.

“Kita punya tim pendamping keluarga, di Cimahi yang sudah kita latih ada 438 tim, dimana satu tim terdiri dari 3 orang. Ada tenaga kesehatan, tim penggerak PKK, dan kader IMP. Jadi masing-masing keluarga didampingi, dan bila ditemukan keluarga yang harus dirujuk nanti mereka lapor ke puskesmas untuk diberikan makanan tambahan,” terangnya pada Jabar Ekspres, Kamis, 2 November 2023.

BACA JUGA: Kasus Cacar Monyet Muncul di Kota Bandung, Ini Respons dari Dinkes!

Tugas tim pendamping keluarga, selain sosialisasi salah satunya untuk memberikan rujukan. Menurut Fitriani, faktor lingkungan dan perilaku memiliki peranan yang besar pada stunting.

“Lingkungan dan perilaku memegang peranan yang besar, termasuk perilaku misalnya pola asuh orang tua. Tidak hanya orang miskin yang bisa stunting, orang yang berpenghasilan besar pun berpotensi terkena stunting. Jadi pola asuh orang tua yang seadanya bisa berpotensi stunting pada anak,” terangnya.

Pola asuh orang tua memiliki peran besar, terutama membentuk pola pikir orang tua dalam merawat anak. Menurut Fitriani, pihaknya telah melakukan sosialisasi pada setiap calon orang tua.

“Kita itu ada yang namanya internalisasi 1000 hari pertama kehidupan. Karena kita anggap, itu adalah golden periode untuk melakukan intervensi dari mulai ibu hamil supaya terpantau minimal memeriksa kehamilan 6x, salah satunya oleh dokter ahli. Kemudian perhatian pada asupan gizi pada anak supaya pertumbuhan otak dan fisik maksimal,” kata Fitriani.

Berkaitan dengan pengaruh lingkungan pada stunting, DP3P2KB bekerja sama dengan DPKP untuk mengendalikan stunting dari faktor lingkungan.

BACA JUGA: Angin Kencang Rusak Ruangan Kelas di SDN Baros Mandiri 3 Cimahi

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan