Angin Puting Beliung Obrak-abrik 3 Kecamatan di Kabupaten Bandung, Badai Hidrometeorologi Perlu Jadi Perhatian

JABAR EKSPRES  – Peralihan musim dari kemarau menuju penghujan atau kerap disebut masa pancaroba perlu jadi perhatian masyarakat, termasuk pemerintah.

Pasalnya, sejumlah desa di tiga kecamatan wilayah Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat baru saja diterjang bencana alam angin puting beliung.

Ketika dikonfirmasi, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, Uka Suska Puji Utama membenarkan, adanya peristiwa angin puting beliung yang menerjang tiga kecamatan pada Selasa, 31 Oktober 2023.

“Betul, akibat hujan lebat disertai angin kencang di tiga kecamatan tersebut terjadi sekitar pukul 17.30 (WIB) sore kemarin,” kata Uka melalui seluler, Rabu (1/11).

Dia menerangkan, sejak malam pihak BPBD Kabupaten Bandung sudah melakukan assesment dan saat ini pendataan masih berlangsung.

BACA JUGA: Babak Baru Sidang Bandung Smart City, Mantan Kadishub Bandung Berdalih Tak Ada Fee Proyek Sebesar 5 Persen

“Kami dari malam sampai saat ini masih di lokasi kejadian, selain assesment dan melakukan pendataan, juga membersihkan pohon-pohon tumbang dan puing-puing reruntuhan rumah,” terang Uka.

“Termasuk memberikan bantuan kepada korban,” tambahnya.

Dijelaskan Uka, sementara ini belum bisa dipastikan berapa total rumah warga yang rusak, akibat diterjang hujan lebat serta angin puting beliung.

“Berapa total rumah yang rusak ringan, sedang dan berat serta desa-desa mana saja yang diterjang puting beliung masih proses pendataan,” jelasnya.

Kendati demikian, terjangan angin puting beliung yang melanda tiga kecamatan di wilayah Kabupaten Bandung, tidak memakan korban jiwa.

“Yang pasti, dalam peristiwa ini tak ada korban baik luka ataupun jiwa,” tukas Uka.

Melalui informasi yang dihimpun Jabar Ekspres, terjangan angin puting beliung saat hujan lebat tersebut, melanda Kecamatan Soreang, Katapang dan Kecamatan Kutawaringin.

Sementara itu, berdasarkan informasi di Kampung Lebakmuncang, Desa Cilampeni, Kecamatan Katapang, tak sedikit bangunan mengalami kerusakan akibat diterjang angin puting beliung, terutama bagian atap rumah yang lepas terbawa badai.

“Sebanyak 20 rumah yang rusak ini baru di RT04 RW17, Kampung Lebakmuncang, Desa Cilampeni, Kecamatan Katapang,” ujar Ketua RT04/RW17 Kampung Lebakmuncang, Ruslan Jaelani.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan