Penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Pindah ke BIJB Kertajati, Apa Alasan PT Angkasa Pura II?

JABAR EKSPRES – PT Angkasa Pura II mengungkap alasan pemindahan seluruh penerbangan menggunakan pesawat Tipe Jet ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati pada Minggu, 29 Oktober 2023.

Hal itu dikarenakan Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung hanya memiliki runway atau landasan pacu yang pendek.

Padahal menurut Executive General Manager Angkasa Pura II, R. Indra Crisna Seputra, Idealnya pesawat Tipe Jet tersebut membutuhkan runway hingga sekitar 3000 meter dengan lebar 65 meter.

BACA JUGA: Soal Dugaan Pelanggaran Etik, MKMK Periksa Anwar Usman Hari Ini

“Jadi saya pertegas saja, kalau untuk di (bandara) Husein ini runway nya itu 2.220 (meter) terkeritis atau tertinggi. Dan itu untuk (jenis pesawat) Airbus A320, IR. Tetapi kalau di Kertajati (BIJB), itu runway nya bisa sampai 3000 (meter) dengan lebar 65 (meter) dari pada husein yang hanya 45 (meter). Jadi artinya untuk di kertajati itu bisa ditrafickan take of landing oleh pesawat yang weight body (besar) dengan penumpangnya 300 (orang),” katanya saat ditemui di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Senin (30/10) kemarin.

Indra mengatakan BIJB sudah dilengkapi dengan sistem pendaratan yang memadai seperti salah satunya menerapkan lampu-lampu agar pesawat tepat diatas runway baik saat landing maupun take of.

“Kalau di kami (Husien Sastranegara) hanya MALS (Medium Approach lighting System). Jadi hanya ada 5 bar, tapi kalau di Kertajati itu ada 10 bar. Jadi bukannya kami tidak safe (memperhatikan keselamatan), kami safe sesuai dengan regulasi,” ungkapnya

Meski begitu, Indra menuturkan Bandara Husein Sastranegara sampai saat Ini masih akan tetap memberikan layanannya kepada masyarakat.

“Sesuai dengan regulasi, kami mendapatkan sertifikat bandara udara ketika kami dilakukan audit. Hanya saja untuk fasilitas lebih banyak di kertajati (BIJB),” imbuhnya.

Untuk diketahui, perpindahan penerbangan pesawat Tipe Jet dari Bandara Husein Sastranegara ke BIJB Kertajati, merupakan instruksi langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) seiring telah beroperasinya Tol Cisumdawu hingga Bandara Kertajati.

“Nantinya dimulai bulan Oktober (2023) akan operasi penuh (Bandara Kertajati). Artinya dari Bandara Husein Sastranegara (Kota Bandung), akan digeser ke Kertajati, utamanya untuk yang pesawat jet,” kata Presiden Jokowi pada Selasa, 11 Juli 2023.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan