Pemda KBB Akan Bangun Wisata Religi Gratis Untuk Pelajar

JABAR EKSPRES – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat berencana akan membuat wisata religi di kompleks perkantoran Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Pj Bupati Bandung Barat Arsan Latif mengatakan, wisata religi dengan konsep membangun miniatur Ka’bah itu nantinya diperuntukan untuk para siswa mulai dari Paud, TK, dan SD.

“Selain berwisata sambil belajar prosesi haji selayaknya di Tanah Suci Makkah. Mereka juga agar mengenal kantor Pemkab Bandung Barat,” kata Arsan di Ngamprah, Senin, 30 Oktober 2023.

BACA JUGA: Pemkab Bandung Jadikan Piala Dunia U17 Sebagai Promosi Wisata dan UMKM

Menurutnya, wisata religi ini merupakan sebuah edukasi untuk mendidik para siswa. Rencananya, di Komplek perkantoran Pemda Bandung Barat itu akan dibangun sejumlah wahana yang akan dibuat semirip mungkin dengan tempat-tempat yang menjadi bagian dari proses haji di Tanah Suci Makkah.

“Sebagai sebuah daerah religius, dibuktikan dengan banyaknya pondok pesantren dan santri. Pondok pesantren di KBB yang terdaftar melalui EMIS dengan jumlah 716 lembaga. Menjadi kedua terbanyak dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat,” katanya.

“Saya tegaskan, ingin kantor Pemkab Bandung Barat itu digunakan oleh mereka. Dengan cara aktivitas mereka, apalagi Bandung Barat ini daerah yang dikenal cukup agamis. Ini adalah salah satu yang bisa digunakan anak-anak sebagai ruang publik baru,” sambungnya.

BACA JUGA: Elit Tokoh Pemuda dan P4KBB Desak Ketua Pansus Panggil Hengky Kurniawan

Dengan adanya miniatur Ka’bah ini Arsan berharap semua kegiatan manasik haji baik yang dilakukan secara rutin oleh para peserta didik maupun para calon jemaah haji dapat dilakukan secara terpusat dan tidak akan dipungut biaya.

Selain dari mendirikan miniatur Ka’bah, pihaknya juga akan melibatkan para pelaku UMKM. Tujuannya, untuk meningkatkan ekonomi.

“Jadi, saya akan mencoba mendesain itu supaya bisa saling membantu. Untuk anggaran sendiri, kami tidak memakai APBD dan ini dilakukan secara mandiri,” tandasnya. (Wit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan