Sering Terpapar Sinar Matahari Langsung, Ketahui Bahayanya Bagi Kesehatan!

JABAR EKSPRES – Terkena sinar matahari secara langsung perlu dihindari karena dapat memiliki beberapa bahaya bagi kesehatan yang perlu diwaspadai.

Untuk melindungi diri dari paparan sinar matahari langsung, yang perlu dilakukan yaitu menggunakan tabir surya dengan SPF yang cukup tinggi, selain itu kamu juga bisa menggunakan pakaian pelindung, topi, dan kacamata hitam, serta menghindari berjemur terlalu lama terutama saat matahari paling terik antara pukul 10 pagi hingga 4 sore.

Berikut ini terdapat beberapa bahaya yang terjadi apabila terkena sinar matahari langsung, antara lain:

Bahaya Terkena Sinar Matahari Langsung

  • Kanker Kulit

Paparan berlebihan terhadap sinar ultraviolet (UV) dari matahari dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit, termasuk kanker sel basal dan kanker sel skuamosa. Paparan sinar matahari juga dapat memicu perkembangan melanoma, yang merupakan kanker kulit yang sangat ganas.

BACA JUGA: Ketahui 9 Cara Melembabkan Kulit Wajah Yang Kering!

  • Penuaan Dini

Sinar matahari dapat merusak kolagen dan serat elastin kulit, yang dapat menyebabkan penuaan kulit dini, seperti keriput, garis halus, dan bintik-bintik penuaan.

  • Sunburn (Luka Bakar Matahari)

Paparan sinar matahari langsung yang berlebihan tanpa perlindungan yang cukup dapat berbahaya seperti menyebabkan luka bakar, yang terjadi ketika kulit teriritasi dan merah karena radiasi UV. Sunburn dapat menyebabkan rasa sakit, pembengkakan, dan hingga kulit terkelupas.

  • Hyperpigmentation

Paparan sinar matahari dapat menyebabkan hiperpigmentasi, seperti bintik-bintik coklat atau kemerahan pada kulit, yang dikenal sebagai bintik penuaan atau bintik matahari.

  • Mata Kering dan Katarak

Paparan sinar matahari langsung dapat merusak mata, menyebabkan mata kering dan meningkatkan risiko pengembangan katarak (kabur pada lensa mata).

BACA JUGA: 9 Kandungan Nutrisi Yang Baik Bagi Kesehatan Kulit! 

  • Imunosupresi

Paparan sinar matahari langsung dapat berbahaya seperti dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit.

  • Penyakit Mata Terkait UV

Paparan sinar UV juga dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit mata lainnya, seperti pterigium (pertumbuhan jaringan di mata), yang dapat memengaruhi penglihatan.

  • Panas Stroke

Paparan panjang terhadap sinar matahari dalam kondisi panas ekstrem dapat meningkatkan risiko panas stroke, yang merupakan kondisi medis serius.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan