Balok Girder Jembatan Otista Sudah Terpasang, Pemkot Bogor Pastikan Pembangunan Rampung Desember 2023

JABAR EKSPRES – Pekerjaan proyek revitalisasi Jembatan Otista (Otto Iskandar Dinata) di Kota Bogor kini sudah memasuki tahap pemasangan balok girder atau tulang punggung jembatan.

Dalam tahap awal, para pekerja mulai memasangkan balok girder dibagian sisi kiri Jembatan Otista pada kemarin (26/10) sore. Titik itu diketahui merupakan bagian yang akan disiapkan untuk lintasan trem.

“Ini tahapan yang sangat krusial, Insyaallah akan dilewati walaupun masih proses untuk memasangkan materi yang paling signifikan sebagai penunjang jembatan ini, yakni balok girder, tapi semua sesuai dengan target,” kata Wali Kota Bogor Bima Arya dikutip Jumat, 27 Oktober 2023.

BACA JUGA: Imbas Kebocoran Pipa PDAM, Tirta Pakuan Capai Kerugian Rp42 Juta Perhari

Bima Arya mengingatkan pihak pekerja agar semua dikerjakan dengan hati-hati. Menurutnya, sekalipun memang mengejar waktu selesai di awal Desember, namun kualitas tidak boleh dilewatkan.

Ia juga meminta para aparatur wilayah turun ke lapangan guna memastikan keselamatan para pekerja dan warga sekitar lokasi pembangunan.

“Mudah-mudahan semesta mendukung karena kita mengantisipasi datangnya musim hujan. Sejauh ini semua on the track, on schedule,” harapnya.

“Setelah pemasangan delapan balok girder ini selesai, untuk aspal dan sambungan mulus ada dari PT Mulia Karya Sabat yang kita minta untuk menjaga kualitas itu,” imbuh Bima.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor, Rena Da Frina mengatakan, balok girder yang berhasil terpasang sebanyak satu span atau terdiri dari tujuh segmen balok girder yang sudah distressing (direnggangkan).

Pemasangan balok girder perdana ini, kata dia, sangat perlu kehati-hatian dan hitungan yang sangat akurat.

“Sempat ada kendala karena harus akurat, satu sentimeter tanah turun akan diperhitungkan. Jadi sangat berhati-hati karena berdampak pada luncuran spannya,” paparnya.

Rena juga menjelaskan, titik kritis pada tahap pemasangan balok girder ini sudah terlewat. Sehingga, pada pemasangan selanjutnya akan lebih aman.

Pihaknya menargetkan seluruh span girder akan terpasang seluruhnya pada awal November 2023.

BACA JUGA: Geruduk Ahli Waris, Ratusan Warga Kampung Muara Bogor Desak Perbaikan Pipa Tirta Pakuan yang Bocor Besar!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan