Mengukur Potensi Pohon Tumbang selama Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, JABAR EKSPRES – Setidaknya ada sekira empat titik pohon tumbang di Kota Bandung, berdasarkan data Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3), per hari Rabu, 25 Oktober 2023.

Kepala UPT Penghijauan dan Pemeliharaan Pohon Dinas Perumahan Kawasan Kota Bandung, Roslina mengungkapkan, keempat lokasi tersebut berada di pusat kota.

“Ada Empat titik, di Jalan Perintis, Jalan Sarimanis Kelurahan Sarijadi sedang ditangani, kemudian di Jalan Bojong Raya dan Jembatan Cinta Kelurahan Cigondewah Kaler sedang ditangani juga,” kata Roslina saat dikonfirmasi wartawan, belum lama ini.

Kendati demikian, antisipasi yang dilakukan pihaknya yakni melakukan pemangkasan pengurangan beban pohon yang sudah rimbun dan juga pohon yang telah terganggu akarnya.

Secara, lanjut Roslina, tupoksi tersebut dijalankan. Seperti halnya pemangkasan dan pengurangan beban pohon pada setiap tiap hari kerja.

BACA JUGA: Banjir Intai Kota Bandung, Pegiat Lingkungan Soroti Hal Ini!

“Kami lakukan dari pohon-pohon yang sudah terlalu rimbun, pohon yang sudah terganggu akarnya kan kita harus amankan, misalnya banyak galian-galian yang memotong akar,” lanjutnya.

Menurutnya, musim pancaroba identik dengan angin yang lebih kencang dan hujan tidak terlalu lama. Walaupun begitu, saat sudah masuki musim penghujan, angin mulai kecil tetapi intensitas hujan lebih deras.

“Kalau yang namanya pancaroba anginnya lebih kencang dan hujannya sebentar. Tapi kalau sudah musim hujan itu anginnya kecil namun hujannya lebih deras,” tutur Roslina.

Adapun dirinya memastikan, saat ini DP3KP Kota Bandung telah menyiapkan personil guna mengantisipasi kejadian yang serupa disaat hujan melanda.

“Ada empat grup terdiri dari 8 sampai 9 orang per grupnya untuk PHL (pekerja harian lapangan, red) tambah satu orang dan PNS (pegawai negeri sipil) untuk korlapnya,” pungkasnya.

BACA JUGA: Sampah Belum Usai, Kota Bandung Kini Diintai Bencana Banjir

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan