Tips Wisata Ramah Lingkungan, Jalan-jalan Seru dengan Menjaga Alam

JABAR EKSPRES – Wisata ramah lingkungan atau eco travel, kini sedang banyak digalakkan oleh agen wisata. Hal ini karena konsep wisata ramah lingkungan sedang menjadi tren dan banyak diminta oleh wisatawan.

Eco Travel atau wisata ramah lingkungan ini tidak hanya berwisata yang lebih memilih mengunjungi alam bebas dibanding loaksi lain, melainkan juga untuk menjaga lingkungannya.

Konsep eco travel lebih menunjukkan rasa bertanggung jawab terhadap pelestarian alam tanpa mengurangi tujuan dari wisatanya sendiri yakni menikmati keindahan alamnya.

Banyak cara yang bisa dilakukan dalam wisata ramah lingkungan ini, terutama interaksi dengan warga sekitar, interaksi dengan alam dan floara serta faunanya.

Dan yang paling penting kunjungan wisatanya ini memberikan dampak positif pada alam, lingkungan sekitar dan juga warga lokal.

Untuk bisa menikmati wisata ramah lingkungan, kita bisa mengikuti beberapa tips eco travel berikut ini:

1. Hindari Menggunakan Barang Sekali Pakai

Saat berwisata kita cenderung memilih sesuatu yang praktis, misalnya menggunakan barang-banrang sekali pakai seperti plastik.

Dalam konsep eco travel hal ini sangat dihindari, karena penggunaan plastik sekali pakai justru menjadi salah satu kontributor utama pencemaran lingkungan.

Karenanya usahakan membawa sendiri peralatan makan dan minum meski kita sedang berwisata.

2. Hemat Listrik

Penghematan listrik menjadi salah satu upaya pelestarian lingkungan dan mengurangi emisi global. Sebaiknya kurangi penggunaan energi listrik seperti melakukan hal-hal sederhana, mematikan televisi saat tidak ditonton, atau mematikan AC dan listrik di kamar saat hendak bepergian.

3. Maksimalkan Fitur e-Ticket untuk Mengurangi Penggunaan Kertas

Masifnya penggunaan kertas membuat tingkat penebangan hutan menjadi kian meroket. Oleh karena itu, mengurangi penggunaan kertas menjadi salah satu aksi yang bijak untuk mendukung pelestarian hutan.

Termasuk bisa juga diterapkan dalam berwisata, yakni dengan memaksimalkan penggunaan e-tiket tanpa perlu mencetak tiket perjalanan.

4. Jangan Buang Sampah Sembarangan

Tips yang satu ini sudah snagat familiar, bahkan banyak anak kecil yang sudah mengetahuinya karena menjadi konsep dasar dari menajga lingkungan.

Menciptakan lingkungan yang bersih dan bebas dari sampah bukan hanya menjadi tanggung jawab pengelola wisata saja, namun harus menjadi tanggung jawab semua pihak, termasuk wisatawan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan