Soal PJU di KBB, Dishub Pastikan Ribuan Lampu Rampung Terpasang Akhir Tahun Ini

JABAR EKSPRES – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung Barat (KBB) memastikan ribuan penerangan jalan umum (PJU) akan terpasang secara merata di seluruh wilayah KBB.

Berdasarkan data dari Dishub Kabupaten Bandung Barat, pemasangan PJU baru ini, dibiayai dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) KBB sebesar Rp23 miliar untuk 3.000 PJU. Sementara 3.000 PJU sisanya dibiayai dari bantuan keuangan (Bankeu) Provinsi Jawa Barat.

“Mulai disiapkan dari Juni 2023, dengan total PJU baru itu sekitar 6.000. Pemasangan ribuan lampu PJU ini dikenal sebagai program ‘Bandung Barat Caang’,” kata Fauzan saat dihubungi, Senin (23/10/2023).

BACA JUGA: Nyamuk DBD Mengancam, Warga Desa Cikuya Bandung Sempat Terdeteksi Demam Berdarah

Ia mengatakan pemasangan PJU dilaksanakan di 235,72 kilometer lebih di ruas jalan kabupaten. Pemasangan 6.000 PJU tersebut masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) periode 2018-2023.

Menurut Fauzan, pemasangan PJU pada tahun 2018 sebanyak 6.000 PJU sudah terealisasikan sebesar 70 persen. Jika ditambah dengan pemasangan 6.000 PJU baru, sekitar 90 persen jalan kabupaten mestinya sudah dilengkapi lampu penerangan jalan.

Proyek tersebut, lanjut dia dikerjakan selama tujuh bulan mulai dari Juni hingga rampung di Desember 2023. Dengan pemasangan di setiap 40 meter, maka ruas jalan kabupaten di 165 desa akan lebih terang.

“Total di Desember 2023 ini artinya yang akan terpasang sebanyak 12.000 PJU. Program ini sudah dicanangkan oleh pemerintah daerah. Mudah-mudahan bisa memberikan dampak positif kepada masyarakat khususnya keamanan dan keselamatan di jalan,” katanya.

Dalam pemasangan PJU, diklaim Fauzan tidak ada kendala dalam merealisasikan program tersebut. Akses menuju daerah pariwisata hingga pelosok di wilayah akan menjadi prioritas Dishub KBB.

“InshaAllah Desember tahun ini beres, dan masyarakat bisa merasakan kenyamanan saat berkendara,” tambahnya.

Sementara itu, Uda (50) petugas tehknisi PJU menyebut, pemasangan penerangan jalan umum di wilayah Bandung Barat selatan hampir sepenuhnya rampung berdiri kokoh pada titik-titik yang telah ditentukan.

Hanya saja, tegas Uda, saat ini pihaknya tinggal memasang instalasi listrik ke setiap tiang PJU.

“Wilayah Kecamatan Gununghalu sudah beres. Hanya saja di sebagian wilayah Kecamatan Rongga, seperti ruas jalan Bojongsalam-Cisokan itu harus ada penambahan titik PJU,” kata Uda.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan