Lewis Hamilton dan Leclerc Didiskualifikasi dari F1 GP Amerika 2023, Ini Penyebabnya!

JABAR EKSPRES – Pembalap Lewis Hamilton dan Charles Leclerc telah didiskualifikasi dari Grand Prix Amerika Serikat karena pelanggaran teknis,  bantalan selip lantai mobil mereka lebih tipis dari peraturan.

Setelah balapan di Austin, mobil Hamilton dan Leclerc diinspeksi dan kemudian pelanggaran tersebut terlihat oleh tim Teknis FIA setelah dilakukan pemeriksaan keausan papan.

Dikutip dari laman resmi Formula 1, Senin (23/10) Delegate Report menyebutkan bahwa pelanggaran tersebut terletak di area -825 ≥ XR ≥ – 1025 yang dinyatakan tidak sesuai dengan Pasal 3.5.9 e) Peraturan Teknis Formula Satu 2023.

BACA  JUGA : Akibat Cuaca Ekstrem, Jadwal Race Utama MotoGP Australia 2023 Berubah jadi Hari Sabtu

Dengan demikian, kedua pembalap langsung dirujuk ke Stewards. Sebelumnya, Hamilton berhasil finis di posisi kedua, setelah bertarung sengit melawan Max Verstappen yang berhasil memenangkan balapan.

Hamilton baru saja mendapatkan upgrade onderdil mobil berupa velg baru. Ini adalah upgrade besar terakhir Mercedes tahun ini di Austin.

Sementara itu, Leclerc melintasi garis finis di urutan keenam, unggul sepersekian detik dari George Russell, setelah menerapkan strategi yang kurang tepat.

Terkait pelanggaran yang dilakukan Hamilton dan Leclerc, perwakilan Mercedes dan Ferrari angkat bicara.

“Keausan yang parah pada skid pads kemungkinan besar merupakan hasil dari kombinasi unik antara trek yang bergelombang dan jadwal balap Sprint yang meminimalkan waktu set-up dan inspeksi mobil pra-balapan,” ujar perwakilan Mercedes dan Ferrari.

Namun, Stewards mencatat bahwa sudah menjadi kewajiban setiap kompetitor untuk memastikan mobilnya sesuai dengan peraturan yang berlaku di setiap ajang.

BACA JUGA : Ahsan/Hendra Ungkap Alasan Kalah di Babak 16 Besar Denmark Open 2023

“Dalam kasus ini, lantai mobil berada di luar ambang batas yang diuraikan dalam Pasal 3.5.9 e) dari Peraturan Teknis Formula Satu FIA, yang mencakup toleransi keausan,” kata Stewards.

Diskualifikasi ini juga menggeser Norris ke posisi kedua dan mengangkat Carlos Sainz ke podium. Sementara itu, Sergio Perez naik ke posisi keempat dan memperpanjang keunggulannya atas Hamilton dalam perebutan posisi kedua di kejuaraan pembalap.

Russell naik dari posisi ketujuh ke posisi kelima, Pierre Gasly ke posisi keenam dan Lance Stroll ke posisi ketujuh.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan