Bahaya Penggunaan Obat Nyamuk Bakar Untuk Kesehatan, Selain Resiko Kebakaran

JABAR EKSPRES – Penggunaan obat nyamuk bakar yang masih banyak dilakukan oleh masyarakat, sepertinya harus lebih banyak dieduksi lagi. Pasalnya banyak bahaya yang bisa timbul dari penggunaan obat nyamuk bakar.

Selain banyaknya kasus kebakaran yang disebabkan oleh obat nyamuk bakar, ternyata, penggunaan obat nyamuk bakar secara terus menerus bisa berbahaya bagi kesehatan, terutama pernafasan.

Hal ini karena obat nyamuk yang dibakar akan mengeluarkan toksin, yang tidak hanya bisa meracuni nyamuk, namun juga manusia, bila dihirup setiap hari.

Baca juga : Rumah Jadi Sarang Nyamuk? Letakkan Tanaman ini, Dijamin Nyamuk Kabur Tanpa Harus Mengusirnya

Penggunaan obat nyamuk memang direkomendasikan jika terjadi banyak serangan nyamuk untuk musim tertentu atau diwilayah tertentu.Namun tidak direkomendasikan untuk penggunaan obat nyamuk bakar yang mengeluarkan asap untuk mengusir nyamuk atau serangga lainnya.

Berikut beberapa bahaya yang terkait dengan penggunaan obat nyamuk bakar:

1. Bahaya Pernapasan

Obat nyamuk bakar menghasilkan asap dan uap yang dapat menjadi iritan bagi saluran pernapasan. Pernapasan asap ini dalam jangka panjang dapat merugikan kesehatan paru-paru, terutama pada individu dengan gangguan pernapasan seperti asma.

2. Resiko Alergi

Bahan kimia yang digunakan dalam obat nyamuk bakar, seperti pyrethroid, dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa individu. Ini termasuk gejala seperti gatal-gatal, ruam kulit, atau hidung tersumbat.

3. Toksin dan Zat Beracun

Beberapa obat nyamuk bakar mengandung zat beracun yang dapat berbahaya jika tertelan atau terpapar dalam jumlah besar. Jika terjadi keracunan akibat penyalahgunaan obat nyamuk bakar, bisa mengakibatkan mual, muntah, dan gejala lainnya.

4. Polusi Udara dalam Ruangan

Penggunaan obat nyamuk bakar dalam ruangan dapat menciptakan polusi udara dalam ruangan yang dapat merugikan kualitas udara dan menjadi berbahaya jika terjadi paparan yang berkepanjangan.

Baca juga : Warga Cisarongge Bandung Barat Diserbu Nyamuk, Spesies Mansonia Uniformis?

5. Dampak pada Hewan Peliharaan

Bahan kimia yang digunakan dalam obat nyamuk bakar juga bisa merugikan hewan peliharaan. Pastikan hewan peliharaan Anda tidak terpapar langsung dengan asap atau uap dari obat nyamuk bakar.

Tinggalkan Balasan