Timnas Indonesia Siapkan Strategi Khusus Hadapi Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Jabar Ekspres – Timnas Indonesia akan memulai perjuangannya di putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan menghadapi Irak pada 16 November 2023 mendatang. Demi meraih hasil maksimal, tim Garuda pun telah menyiapkan strategi khusus.

“Kami dari staf kepelatihan merencanakan kumpul 12 November. Malamnya kami kumpul, jadi 13 November pagi kita berangkat ke Irak. Kita langsung berangkat ke Irak karena 12 November masih ada yang main, Dewa (United) lawan PSM kalau tidak salah,” kata asisten pelatih timnas Nova Arianto, saat ditemui di Jakarta, Kamis (20/10/2023).

BACA JUGA: Catatkan Sejarah! Indonesia Siap Hadapi Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026

Nova mengungkapkan, skuad Garuda akan berkumpul pada 12 November sebelum berangkat ke Irak. Hal ini dilakukan karena beberapa pemain masih berlaga di Liga 1 pada 12 November.

“Kami akan langsung berangkat ke Irak setelah berkumpul. Kami tidak akan melakukan pertandingan ujicoba di sana,” ujar Nova.

Selain itu, Nova juga mengatakan bahwa timnas Indonesia berpeluang memanggil sejumlah pemain baru. Hal ini dilakukan untuk menambah kekuatan tim.

“Kalau wajah baru [pemain baru] yang dipanggil pasti ada karena kita akan memantau semua pertandingan Liga 1. Ada beberapa pemain yang masuk radar kami dan akan dipantau kembali dalam kompetisi. Apakah itu akan dipanggil pada periode selanjutnya [November] atau tidak akan kita lihat,” ujar Nova.

Sejumlah pemain timnas seperti Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, dan Pratama Arhan dinilai publik sedang merosot penampilannya, namun tim pelatih bisa memahami kondisi yang dialami para pemain.

BACA JUGA: Langsung Terbang ke Arab, Jokowi Minta Indonesia Menjadi Co-Host Piala Dunia 2034!

“Kami bisa pahami, karena tidak semua pemain bisa tampil dalam performa terbaik. Kadang bisa turun, kadang bisa naik, tetapi ini menjadi catatan untuk Egy, juga pemain yang lainnya. Jadi semuanya akan kita lihat kembali di kompetisi. Pemain yang akan dipanggil adalah pemain yang sesuai keinginan coach Shin,” katanya.

Pertandingan melawan Irak dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan menjadi ujian berat bagi timnas Indonesia. Irak merupakan tim kuat yang pernah tampil di Piala Dunia 2006.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan