Ratusan Sampah Mengendap Akibat Kebakaran TPSA Kaki Gunung Tampomas Sumedang

JABAR EKSPRES – Ratusan ton sampah mengendap imbas dari kebakaran yang melanda Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Cibeureum dan area gunung Karang dengan jarak masih di kaki Gunung Tampomas.

“Untuk hari ini sampah masih belum terangkut dan sebagian masih ada di dalam truk sampah,” ungkap Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dari Dinas Lingkungan Hidup dan kebersihan (DLHK) Sumedang Helmi Hasanudin saat dikonfirmasi Jabar Ekspres Jum’at, 20 Oktober 2023.

Helmi menyebut, ada sekitar 120 ton atau sama dengan 20 truk sampah yang belum terangkut akibat adanya kebakaran.

BACA JUGA: Lagi! Api Membara di Area Kaki Gunung Tampomas, BPBD: 8 Tim Dikerahkan

Helmi berencana, sampah-sampah yang belum terangkut itu akan dibuang ke TPS (Tempat Pembuangan Sementara) di Situraja dan Sukanyiru, Kecamatan Wado.

Ia menyebut, DLHK sendiri menerjunkan 170 personel dari satuan tugas kebersihan untuk membantu memadamkan kebakaran yang terjadi di TPSA Cibeureum.

Diketahui sebelumnya, Kebakaran kembali terjadi di wilayah Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Cibeureum, Kabupaten Sumedang, Kamis 19 Oktober 2023. Selain TPSA, kebakaran juga melanda area hutan di blok Gunung Karang.

Sekadar diketahui, TPSA Cibeureum terletak tepat di kaki Gunung Tampomas di Desa Cibeureum Kulon, Kecamatan Cimalaka. Sementara blok Gunung Karang berada di atas dari lokasi TPSA.

Pantauan di lokasi sekitar pukul 12.00 WIB, sejumlah petugas gabungan tampak sedang beristirahat di pos pendakian di kaki gunung Tampomas. Untuk memadamkan kebakaran, ratusan petugas kebersihan pun turut diterjunkan ke lokasi.

Terbagi ke dalam 8 tim atau regu, ratusan personel gabungan itu diarahkan untuk melakukan pemadaman di area Gunung Karang, kemudian bergeser ke TPSA jika dinilai api sudah terkendali.

Sementara itu, kepulan asap dari kebakaran sendiri sudah sampai terlihat dan tercium dari pos pendakian.

BACA JUGA: DLH Jabar Sebut Pasca Kebakaran, TPAS Sarimukti Tidak Akan Kembali Normal

Menurut informasi dari sejumlah petugas, kondisi api sebagian besar sudah berhasil dipadamkan. Meski demikian, ada beberapa petugas yang masih berupaya memadamkan beberapa titik api yang masih menyala.

Sedangkan terpantau Jabar Ekpres dari salah satu jalur pendakian yang dapat ditempuh menuju lokasi TPSA, kepulan asap terlihat jelas menjulang ke langit Cibeureum Kecamatan Cimalaka.(mg11)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan