Tahun Depan Jakarta Tak Masuk dalam Kalender Formula E, Ini Alasannya!

JABAR EKSPRES – Kota Jakarta tidak termasuk dalam musim mendatang Kejuaraan Dunia Formula E ABB karena bertepatan dengan pemilihan umum 2024.

Jakarta tidak termasuk dalam kalender balap musim kesepuluh karena balapan yang dijadwalkan pada 8 Juni 2024 di Sirkuit Internasional Ancol E-Prix bertepatan dengan pemilu 2024.

Hal tersebut terbukti dari postingan Instagram @fiaformulae yang membagikan gambar terkait jadwal balapan tahun depan. Namun, dalam kalender tersebut tidak ada nama Jakarta sebagai tuan rumah penyelenggara ajang balapan Formula E.

BACA JUGA : Jelang MotoGP Australia 2023, Martin Optimis Raih Podium dan Bisa Salip Bagnaia di Puncak Klasemen 

“Acara yang direncanakan di Jakarta pada hari Sabtu, 8 Juni tidak akan berlangsung selama kampanye. Pemilihan presiden Indonesia berlangsung hampir sepanjang bulan Juni. Hal ini akan mempengaruhi logistik penyelenggaraan balapan di jalanan ibu kota di Formula E dan pemerintah Jakarta sedang mempelajari kemungkinan untuk menyelenggarakan balapan di kota tersebut pada tanggal lain,” tulis keterangan resmi Formula E yang dikutip dari Antara, Jumat (20/10/23).

Musim kesepuluh Kejuaraan Dunia ABB FIA Formula E dimulai di Mexico City, Meksiko pada 13 Januari 2024. Sebelum menjalani musim kejuaraan, para pembalap akan melakukan uji coba di sirkuit Valencia, Spanyol, pada 23-27 Oktober.

BACA JUGA : Marini dan Bezzechi Ungkap Akan Tampil Solid dengan Pulihkan Stamina di MotoGP Australia 2023

“Formula E akan memimpin motorsport global musim depan sebagai satu-satunya kejuaraan dunia yang diselenggarakan di tiga pasar terbesar yaitu Tiongkok, India, dan Amerika Serikat,”kata Jeff Dodds, CEO Formula E

“Bersamaan dengan debutnya di sirkuit Tokyo dan balapan sirkuit lainnya seperti Brasil, Jerman, Arab Saudi dan Inggris, kami telah membangun kalender yang mampu melibatkan miliaran orang dalam masa depan motorsport yang menarik dan menghibur,” tambahnya.

Musim perdana Formula E akan berlangsung di Sirkuit Internasional Shanghai di Shanghai, Tiongkok, dengan dua balapan yang berlangsung pada Sabtu 25 Mei dan Minggu 26 Mei 2024.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan